Beranda Headline Alumni DETaK Bebas Kuliah di IPB

Alumni DETaK Bebas Kuliah di IPB

BERBAGI
Keumala Fadhiela

Riyanti Herlita | DETaK

Banda Aceh – Keumala Fadhiela, alumni UKM Pers DETaK Unsyiah yang dinyatakan lulus beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) akan melanjutkan pendidikan magisternya di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada September 2016 mendatang.

Sesuai dengan potensinya sebagai Sarjana Agribisnis angkatan 2010 Fakultas Pertanian Unsyiah, Ketua bidang Litbang UKM Pers DETaK periode 2013 ini memilih konsentrasi di Magister Sains Agribisnis (MSA) Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.

IKLAN
loading...


Meski sempat gugup di tahap substansi, dara tulen Aceh tersebut tetap optimis dengan usahanya yang terus meminta doa dari orangtua dan rutin tahajud semenjak persiapan-persiapan sebelumnya.

“Ada satu ruangan yang kita itu bisa dengar dan lihat semua gimana ekspresi peserta lain ditahap substansi ini, ada yang nangis, ditanya banyak-banyak, sempat kurang yakin juga awalnya,” jawab si sulung 4 bersaudara, kelahiran  Tapaktuan, 15 November 1992 sembari diskusi ringan di Nook Bakery Cafee, Darussalam, Minggu, 7 Agustus 2016.

Dara yang aktif sebagai Ketua Departemen Eksternal dan Advokasi di Solidaritas Awardee LPDP Aceh Darusalam (Saleum) tersebut juga menanamkan targetnya untuk berkontribusi di daerah asal usai menempuh pendidikan 2 tahun mendatang dari fasilitas yang diperoleh melalui beasiswa LPDP.

“Berhubung beasiswa LPDP bukan hal yang mudah diperoleh, jadi saya ingin berkontribusi untuk Indonesia dan untuk daerah asal saya khususnya,” tutur runner up Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2012 lalu ini.

Selain itu, pemilik nama yang kerap disapa Dela ini juga apresiasi kepada UKM Pers DETaK Unsyiah atas pengalaman organisasinya yang memudahkan Dela mempersiapkan mental saat mengikuti dua tahap seleksi LPDP.

“Bagi saya dalam tahap pertama seleksi administrasi, esai adalah ujung tombak kelulusan, jadi pernah menjadi bagian di DETaK adalah suatu hal yang disyukuri karena sudah telatih menuang ide di dalam tulisan. DETaK juga megajarinya untuk bisa berani berbicara di hadapan orang lain, dan berwawasan luas, terutama saat dibagian Leaderless Group Disscussion (LGD),” jelas atlet pencak silat yang pernah mendulang medali perunggu pada Pekan Olahraga Daerah (POPDA) 2008 yang kini sedang mempersiapkan keberangkatannya ke Bogor yang direncanakan pada 19 Agustus 2016.

Adapun sebelum pengumuman seleksi beasiswa LPDP, Dela telah melalui dua tahap seleksi. Tahap pertama, seleksi administrasi berupa, essay, curiculum vitae, TOEFL ITP, Surat Keterangan Bebas Narkoba, ijazah, dan transkip) dan tahap kedua seleksi substansi (Writing on the spot, Leaderless Group Discussion, dan Interview).[]

Editor: Riska Iwantoni