Beranda Headline 265 Mahasiswa Aceh Ikut OSN Pertamina

265 Mahasiswa Aceh Ikut OSN Pertamina

BERBAGI

Putri Nurul Ulfa [AM] | DETaK

Darussalam – Sebanyak 265 mahasiswa dari seluruh universitas di Aceh mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2013 di gedung  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah, Rabu (27/11/2013). OSN Pertamina ke-VI ini diselenggarakan serentak di 33 Provinsi di Indonesia yang mengangkat tema “Inovasi Sobat Bumi, Prestasi Untuk Negeri.”

Fathurrahmi, panitia pelaksana mengatakan kompetisi sains tersebut dibagi dalam dua kategori yakni kategori teori dan sains project. “Jumlah peserta yang mendaftar secara online mencapai 559 orang. Namun, hanya sekitar 259 peserta dari kategori teori dan 12 peserta kategori proyek sains yang berkompetisi pada hari ini,” ujar Dosen FMIPA Kimia itu.

IKLAN
loading...


Neli, Mahasiswi Jurusan Kimia di UIN Ar-Raniry yang merupakan salah seorang peserta Kategori Teori mengungkapkan bahwa untuk ujian hari ini mereka diuji dengan menjawab soal yang diberikan oleh panitia selama dua jam. “Saya baru pertama kali mengikuti kompetisi ini, persiapannya sekitar sebulanlah, belajar secara pribadi dan kadang-kadang juga konsul ke dosen maupun asisten laboratorium,” katanya.

Untuk kategori sains project, diikuti oleh 4 tim, masing-masing tim terdiri dari tiga peserta dan satu dosen pembimbing. “Hari ini, peserta kategori sains project akan melalui proses poster session dan pengumuman lolos desk evaluation,” jelas Fathur.

Peserta kategori sains project, masing-masing kelompok mengangkat judul bervariasi, diantaranya, rancangan stasiun mini ekploitasi gas metana lapisan dangkal untuk skala kecil, usulan kontruksi sarang lebah sebagai pondasi jalan pada pengunungan dan tanah gambut.

OSN Pertamina merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina Persero yang sudah berjalan selama 3 tahun berturut-turut belakangan ini. “Kami tidak memberikan persiapan khusus bagi mahasiswa dari FMIPA, hanya membagikan contoh-contoh soal OSN tahun lalu, mereka belajar secara personal ataupun membuat kelompok belajar,” papar Fathurrahmi.

OSN pertamina 2013 ini dilaksanakan dalam beberapa rangkaian kegiatan yang berkesinambungan, diawali dari pre event (koordinasi, publikasi dan registrasi), event (seleksi tingkat provinsi dan seleksi tingkat nasional), hingga post event (pengumuman hasil pemenang). OSN-Pertamina kali ini memperebutkan hadiah total senilai Rp2 miliar.[]