Mendunia Lewat Penelitian


Analisis potensi pemanfaatan buah delima (punica granatum) sebagai pembunuh virus (virusid) dan anti HIV I yang resisten nucleotida dan non nucleotide berdasarkan tinjauan ilmiah dan Al-Quran.

Itulah salah satu Karya Ilmiah yang pernah dibuat Harapan T. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsyiah. Karya Ilmiah yang menganalisis virus anti HIV dari tinjauan Alquran.

Karya Ilmiah fenomenal ini, bukan hanya memberi secercah harapan bagi para penderita aids di dunia, akan tetapi, sebuah gambaran nyata, bahwa Alquran merupakan wahyu Allah yang benar. Tanpa ada keraguan sedikitpun didalamnya.

Menariknya, Karya Ilmiah ini, akhirnya menjadi makalah terbaik pada ajang lomba lomba Karya Tulis Ilmiah Islam Nasional yang berlangsung di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto pada Oktober 2008 silam. Para dewan juri secara aklamasi memilih karya Harapan sebagai yang terbaik.

Berbagai prestasi, baik tingkat lokal, nasional hingga internasional pernah di raih harapan. bukan hanya dalam bidang tulis dan penelitian ilmiah, Harapan juga berprestasi pada bidang yang lain. Bidang seni misalnya, Harapan meraih juara II seleksi Pekan Seni Mahasiswa Nasional 2009.

Bukan hanya itu, pemuda 24 tahun ini, pada bulan Februari lalu, didaulat menjadi peserta sekaligus pemateri pada Summer School on Tropical Diseases, Infectious Diseases and Molecular Biology IndonesiaJerman di Universitas Goltingen German, 8 – 22 Februari 2009. Saat itu, Harapan mempresentasikan makalah berjudul Diagnosis and Treatment of Tubercolusis in Indonesian.

Melihat berbagai prestasi tersebut, predikat Mahasiswa Berprestasi Unsyiah yang pernah disandangnya sangatlah layak. Bukan hanya Aceh, harapan juga telah mengukir prestasi yang membawa harum bangsa Indonesia secara umum.

Saat ditemui DETaK, Kamis 24 Desember 2009. Harapan mengisahkan bagaimana ia tertarik pada dunia tulis menulis (Karya Ilmiah). “Semua berawal dari lomba karya tulis. Hal yang mendorong saya untuk aktif menulis karena kemauan diri sendiri,” kata pria bersahaja ini.

Sedangkan bagaimana ide awal ia meneliti buah delima sebagai pengendali aids, menurut Harapan, selama ini, buah delima sering digunakan masyarakat untuk mengobati penyakit demam berdarah. Namun, belum ada pihak yang melakukan penelitian ilmiah dengan jumlah sampel besar terhadap buah ini.

Padahal, lanjut Harapan, di dalam Alquran dan Hadis Rasulullah saw, sudah dijelaskan bagaimana besarnya khasiat dan manfaat dari buah delima. Karena itulah, terbersit dalam dirinya untuk melakukan sebuah penelitian awal, untuk mneganalisis virus anti HIV dari tinjauan Alquran.

Saat ini, aktivitas Harapan tetap pada dunia tulis menulis (tentunya dalam hal Karya Ilmiah). Atas kemampuan ini, Harapan didaulat sebagai Executive Director Badan Kajian Ilmiah dan Penelitian (BKIP) – Research and Education Center (R&EC)- BEM Fakultas Kedokteran Unsyiah.

Sayangnya, disaat Harapan berjuang untuk mengharumkan nama Aceh dengan  membawa pulang berbagai penghargaan dan prestasi, nyaris tidak mendapat apresiasi. Baik dari Pemerintah Aceh maupun pihak rektorat sendiri. “Jangankan dari Pemerintah Aceh, dari rektor yang sudah kita anggap sebagai orang tua di kampus ini, juga tidak ada,” ujar Harapan dengan nada kecewa.

Jika mengajukan proposal, tambah Harapan, memang akan diberikan. Namun, dalam bentuk apresiasi secara cuma-cuma tidak ada.

Sosok Harapan sudah selayaknya menjadi panutan. Disaat pemuda lainnya disibukkan dengan berbagai tindakan negatif, Harapan mampu memberi secercah harapan bagi manusia, tentunya, melalui penelitian dan tulisan.

BIODATA

Nama : HARAPAN

TTL                     : Kapaseusak – Aceh Selatan, 30.12.1985

Hobbi                  :  Membaca

Motto                  : Jidak ada manusia yang bodoh kalau mau belajar

Pekerjaan          : Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Tingkat Terakhir.

Prestasi Bidang Penelitian, Karya Tulis dan Essay

-       Juara III pada Karya Tulis Qur`an MTQ Mahasiswa Nasional X di Universitas Sriwijaya, Palembang, 2007.

-       Juara III pada Lomba Karya Tulis Mahasiwa Bidang IPA Tingkat Wilayah A 2007 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.

-       Juara Harapan II dalam Lomba Hasil Riset Se-Asia Fasifik Liga Medika Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakatra. Tahun 2007.

-       Juara Harapan II Pada Ajang Karya Tulis Kedokteran Islam Tingkat Nasional 2007 (ARTERI 2007) di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang.

-       Juara I pada Lomba Menulis Essay Earthquake and Tsunami Emergency Support Project (ETESP) Asian Development Bank (ADB)).

-       Juara II Lomba Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Nasional – Scientific Atmosphere 2008, di Universitas Udayana, Bali.

-       Juara I Lomba Karya Tulis Mahasiswa DIKTI Wilayah A, di Univeritas Andalas, Padang.

-       Juara III Pada Lomba Karya Tulis Mahasiswa DIKTI Tingkat Nasional pada PIMNAS 2008, di Univeritas Sultan Agung- Semarang.

-       Finalis dalam Lomba Hasil Riset Se-Asia Fasifik Liga Medika Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta. Tahun 2008.

-       Juara I Nasional  pada Lomba Karya Tulis Mahasiswa Islam Tingkat Nasional – IMSF di Universitas Jenderal Sudirman, Purwokerto, 25-26 Oktober 2008.

-       Penulis Terbaik untuk Kategori Review pada The Journal of the Indonesian Medical Student Assosiation Volume III Tahun 2008.

-       Pemenang dan Pelaksana Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) DIKTI Bidang Penelitian dengan judul: Pengaruh Diet Madu Terhadap Gambaran Mikroskopis Pulpa Putih Lien Mus musculus yang Diinfeksi dengan Pseudomonas aeruginosa. 2009.

-       Peserta dan Pemateri pada Summer School on Tropical Diseases, Infectious Diseases and Molecular Biology Indonesia Jerman di Universitas Gottingen German, 8-22 Februari 2009. Dengan judul presentasi Diagnosis and Treatment of Tuberculosis in Indonesia dan Matrix-Assisted Laser Desorption/Ionisastion (MALDI) Time-of-Flight (TOP) Mass Spectrometry (MS) in Genomic Research.

-       Peserta dan Presentan Hasil Penelitian pada Temu Nasional Jaringan Epidemiologi Nasional (JEN) di Unika, Semarang, 25-27 Mei 2009 dengan judul presentasi: High risk of HIV transmission among men who have sex with men (MSM) in NAD (Baseline data general view).

-       Juara Harapan III pada Lomba Hasil Riset Se-Asia Fasifik Liga Medika Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta10-12 Agustus 2009.

-       Peserta dan presentan pada The 1st Malaysian International Medical Student Conference 2009 (MIMSC 2009) 4-11 September 2009 di Kuala Lumpur – Malaysia,  dengan judul presentasi: Identification of Thymocyte Subset by Multicolor Flow Cytometry ED LSR II FACSDriva – FlowJo Sofware Analysis.

-       Juara Harapan III pada Scientific Fair 2009 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang 31 Oktober-1 November 2009.

-       Peserta dan Presentan Poster dalam Kongres Nasional  X Perhimpunan Perinatologi Indonesia (Perinasia) di Grand Senyiur Hotel, Balikpapan 5-7 November 2009 dengan judul poster Perbedaan distribusi luaran kasus kelahiran dengan BBLR pasien dalam dan rujukan di RSU Dr. Zainoel Abidin periode 2006-2008.

Tulisan Sudah Dimuat di Jurnal:

- Harapan, Z. Hayati dan M. Andalas. 2008. ANALISIS MEKANISME KERJA TETRAVALENT CD4-IMMUNOGLOBULIN G2  (CD4-IgG2) SEBAGAI  HIV-1  ENTRY INHIBITOR DALAM USAHA MENCARI  SOLUSI BAGI HIV TIPE 1 YANG RESISTEN TERHADAP NRTI, NNRTI DAN PROTEASE INHIBITOR. Indonesian Journal of Obstetric and Gynecology. Vol. 32, Supl. 1 p.15.

- Harapan, 2008. PENGARUH  MENIUP AIR   ATAU BERNAPAS KE DALAM GELAS  SAAT MINUM TERHADAP DEPRESI SARAF PUSAT (SUATU ANALISIS NEURON EXITABILLITY). The Journal of The Indonesian Medical Student`s Association. Vol. III. p47-52.

- Harapan, 2008. PENGARUH SUJUD KETIKA SHALAT TERHADAP KERJA AMIGDALA DALAM MENGATUR SISTEM LIMBIK MANUSIA (SUATU ANALISIS NEURO FISIOLOGI ANATOMI). The Journal of The Indonesian Medical Student`s Association. Vol. III. p59-64.

- Harapan, 2009. ANALISIS MEKANISME KERJA TETRAVALENT CD4-IMUNOGLOBULIN G2 SEBAGAI HIV-1 ENTRY INHIBITOR. The Journal of The Indonesian Medical Student`s Association. Vol. IV. p19-24.

- Harapan, H. Munirwan. 2009. ANALISIS MEKANISME KERJA ANTELOMERASE SEBAGAI ALTERNATIF TERAPI KANKER YANG AMAN. The Journal of The Indonesian Medical Student`s Association. Vol. IV. p28-32.

DETaK | Rayhamizar dan Desi Zulfiana

VN:F [1.9.14_1148]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.14_1148]
Rating: +1 (from 1 vote)
Mendunia Lewat Penelitian, 10.0 out of 10 based on 1 rating

Short URL: https://detak-unsyiah.com/?p=39

Posted by on May 2 2010. Filed under SOSOK. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Follow @UKMPersDETaK

Photo Gallery

Sekretariat :

Gedung Gelangang Mahasiswa Unsyiah, Lantai 2 Ruang 02.01

Kampus Darussalam, Banda Aceh – 23111

Email : ukmpers@detak-unsyiah.com

Switch to our mobile site