Beranda Feature Aktivitas Sore Hari Nelayan Pantai Ujong Pulo Rayeuk, Aceh Selatan

[Lensa] Aktivitas Sore Hari Nelayan Pantai Ujong Pulo Rayeuk, Aceh Selatan

BERBAGI
Jajaran kapal nelayan Pantai Ujong Pulo Rayeuk. 12/09/21 (Febby Andriyani/DETaK)

Febby Andriyani | DETaK

Aceh Selatan- Kapal-kapal nelayan dengan berbagai warna terlihat berjajar rapi di tepi Pantai Ujong Pulo Rayeuk, Kecamatan Bakongan Timur, Aceh selatan pada Minggu sore, 12 September 2021. 

Mayoritas masyarakat sekitar berprofesi sebagai nelayan. Nelayan-nelayan tersebut biasanya pergi melaut pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB dan kembali ke darat pada pukul 08.00 WIB.

IKLAN
loading...


Tengku Mastura di bawah tempat teduh, jarinya lihai mengait pukat ikan tradisional. Ia mengatakan bahwa dirinya sudah melakoni pekerjaan sebagai nelayan sejak usia muda. “Sudah dari usia 12 tahun saya menjadi seorang nelayan, setiap hari pergi melaut kecuali hari Jumat” ucapnya. 

Almansur yang juga seorang nelayan merapikan pukat ikan dari kapalnya. Ia merapikan jaring-jaring pukat yang kusut dan mengambil ikan-ikan yang masih menyangkut di sela-sela jaring. Aktivitas tersebut dilakukan untuk mempersiapkan jaring ikan yang hendak dibawa melaut dini hari nanti.

Berikut beberapa potret aktivitas para nelayan Pantai Ujong Pulo Rayeuk, Aceh Selatan yang berhasil diabadikan oleh pewarta detak-unsyiah.com.

Jajaran kapal nelayan di bibir Pantai Ujong Pulo Rayeuk.
Tengku Matsura mengait pukat ikan tradisional.
Jemari Tengku Matsura lihai mengait jaring demi jaring hingga membentuk untaian pukat ikan.
Nelayan yang merapikan pukat ikan dari dalam kapal miliknya.

Editor: Cut Siti Raihan