Beranda Artikel Manfaat Air Putih bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Putih bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi (M. Talal | DETaK)


Artikel | DETaK

Seperti yang kita ketahui air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Kita dianjurkan untuk minum air putih 8 gelas perhari atau sekitar 2 liter setiap harinya, atau sesuai dengan kebutuhan mineral seseorang. Karena apabila berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan bahkan dapat menimbulkan overhidrasi.

Nah sebagian orang mengetahui bahwa air putih memiliki banyak manfaat tetapi tidak semua orang tau apa saja manfaat-manfaat tersebut. Berikut beberapa manfaat air putih untuk tubuh kita.

1. Menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi tubuh kehilangan lebih banyak cairan dari pada yang didapatkan sehingga mengakibatkan tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

2. Menjaga kesehatan kulit. Air putih dapat membantu membuat kulit tampak lebih fresh, glowing, menjaga kelembaban kulit, menghambat penuaan dini, dan membantu mengurangi timbulnya jerawat.

3. Membantu menurutkan berat badan. Minum air putih sebelum makan membuat perut terasa kenyang sehingga seseorang akan mengurangi porsi makannya atau makan lebih sedikit.

4. Meringankan konstipasi atau gangguan pencernaan. Penyebab utamanya adalah kurangnya cairan di dalam tubuh yang mengakibatkan lambung menjadi kosong sehingga usus tidak terlumasi dengan baik.

5. Mencegah batu ginjal. Penyakit ini disebabkan oleh urine yang lebih banyak mengandung zat pembentuk kristal dibandingkan cairan urine.

6. Mencegah dan mengatasi sakit kepala.

7. Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi agar tetap lentur.

8. Membantu penyerapan nutrisi. Air putih membantu pemisahan vitamin, mineral dan nutrisi lain dari makanan untuk kemudian dikirim ke seluruh tubuh.

Meski hanya air putih yang tidak memiliki rasa seperti minuman lainnya. Tetapi air putih jauh lebih banyak memberikan manfaat yang baik ke tubuh kita. Nah, mulai dari sekarang biasakan minum air putih dan pastikan kebutuhan mineral tubuhmu terpenuhi ya.

Penulis bernama Putri Delvina, mahasiswi Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Ia juga merupakan anggota aktif UKM Pers DETaK.

Editor: Hijratun Hasanah