Beranda Artikel Puncak Mandeh, Raja Ampatnya Sumatera Barat

[Kilasan] Puncak Mandeh, Raja Ampatnya Sumatera Barat

BERBAGI
Keindahan Puncak Mandeh. (Uswah Zilhaya/DETaK)

Uswah Zilhaya | DETaK

Bukittinggi- Puncak Mandeh adalah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang berbatasan langsung dengan kota Padang. Kawasan Mandeh terbentuk dari beberapa pulau-pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Tak heran jika Puncak Mandeh sering disebut Raja Ampatnya Sumatera Barat. Kawasan wisata Mandeh sendiri mempunyai area seluas 18.000 Ha dan meliputi 7 desa dari 3 nagari. Beberapa pulau yang dapat dilihat dari puncak mandeh yaitu Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjang Besar, Pulau Cubadak, dan beberapa pulau kecil lainnya.

Bagian selatan Kawasan Mandeh tepatnya di Kampung Carocok ada sebuah tanjung meliuk bagaikan sungai, sehingga teluk terlihat bagaikan sebuah danau dengan riak – riak kecil. Sedangkan di kawasan utara Mandeh terdapat beberapa pulau yang melingkar, yaitu Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Pulau Sikuai.

IKLAN
loading...


Disepanjang pantai dari Kampung Sungai Pisang sampai ke Kampung Carocok kawasannya cukup landai dan berpasir putih dengan beberapa pohon pelindung seperti pohon kelapa, pohon waru, pohon nangka, dan lain sebagainya. Tujuh kampung dari 3 nagari di kawasan ini termasuk kedalam kawasan pengembangan wisata, yaitu Kampung Mudiak Air, Kampung Simpang Carocok, Kampung Pulau Karam, Kampung Sungai Nyalo, Kampung Sungai Tawar, Kampung Sungai Pinang, dan Kampung Teluk Raya.

Gerbang masuk Kawasan Mandeh dapat dicapai melalui jalur laut atau darat. Bila naik kapal / boat bisa dari Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan. Sedangkan bila melalui jalan darat, terdapat tiga alternatif dari tiga ruas jalan yang berbeda, alternatif pertama dari Pasar Tarusan melalui Simpang Carocok dan alternatif kedua dari Bungus terus ke Sungai Pinang dan Sungai Nyalo. Ruas jalan terbaru ialah melewati Carocok lalu menyusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai sepanjang kurang lebih 12,5 km. []

#30HariKilasanSejarah

Editor: Della Novia Sandra