Beranda Artikel Jangan Konsumsi Kafein Berlebihan!

Jangan Konsumsi Kafein Berlebihan!

BERBAGI
Sumber: Google

Banda Aceh – Masyarakat Aceh begitu akrab dengan kopi. Menyuruput kopi dimana dan kapan saja kerap kali tidak mempertimbangkan risiko dan efek sampingnya. Kafein adalah zat yang terkandung tidak hanya pada minuman kopi, tetapi juga teh. Jika terlalu berlebihan dapat menyebabkan jantung berdebar-debar dan tentu, akan sangat mengganggu aktivitas.

Sebagian orang menyeruput kopi atau teh didasari pada alasan agar ingin terlihat segar dan untuk mengantisipasi sakit kepala yang sering hinggap jika tidak menikmatinya. Bagaimana cara melalui hari-hari dan tetap akrab dengan jenis minuman ini dengan sehat? Berikut adalah tips yang dilansir oleh www.menshealth.co.id tentang batas aman mengkonsumsi kafein.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Brain Cognition, mengkonsumsi kafein setiap hari membuat kemampuan proses pikiran Anda akan terdongkrak setelah mengonsumsi 400 mg kafein dalam satu sesi. Untuk mengetahui berapa banyak kopi atau teh coba kalkulasikan:

  1. 400 dibagi dengan kandungan kafein dari satu sajian minuman yang Anda konsumsi. Kalau Anda masih belum bisa membuat hitungan-hitungan yang berat seperti ini di pagi hari, lakukan ini: Kucek mata Anda lalu lihat daftar kecil yang telah kami siapkan berikut ini. Anda juga bisa mengombinasikan beberapa jenis minuman dalam satu sesi, sekadar untuk melakukan variasi.
  2. Pastikan Anda menghitung waktu minum Anda: Kafein memerlukan 30 – 45 menit untuk mulai ‘nendang’, dalam bentuk minuman apa pun. Tapi, karena efeknya akan hilang dalam waktu yang lama, 4 – 6 jam untuk memetabolisme setengah dari jumlah yang Anda konsumsi, maka Anda mungkin perlu menenggak kurang dari 400 mg kafein jika ingin mengonsumsinya di siang hari.
IKLAN
loading...


Jika Anda minum terlalu banyak, maka kemungkinan beberapa masalah serius akan datang mengganggu Anda, seperti jantung berdebar lebih cepat, gemetar, hipertensi, dan  gangguan lambung -menurut penelitian dari University of Maryland Medical Center.

Jadi, hati-hati jangan sampai Anda mengonsumsi kafein lebih dari batas yang ditentukan, atau Anda mungkin malah absen dari meeting itu karena sibuk mengurus kondisi lambung Anda di kamar mandi.[]

Minuman Ukuran per sajian (oz.) Kandungan  kafein (mg) Jumlah sajian per 400 mg
Kopi hitam 16 330 1,2
Caffe Latte 16 150 2,7
Single Espresso 1 75 5,3
Kopi Instan 12 63 6,3
Teh Hitam 8 47 8,5

 Editor: Mulya Rizki Nanda

BERBAGI