Beranda Artikel Safari Ramadhan, Sebuah Ekspedisi Spiritual

[DETaR] Safari Ramadhan, Sebuah Ekspedisi Spiritual

BERBAGI
Facebook
Twitter
Ilustrasi. (Badriatul Istiqamah/DETaK)

Teuku Ichlas Arifin | DETaK

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Di mana dalam bulan ini kita dituntun untuk lebih banyak berbuat ibadah dan perbuatan kebaikan lainnya, karena hanya pada bulan yang mulia inilah semua amal perbuatan baik kita dilipatgandakan balasannya oleh Allah SWT. Pada bulan Ramadhan ini kita juga diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan lamanya dengan tujuan untuk menyucikan jiwa kita dari segala keburukan.

Lalu pada bulan ini pula ada berbagai ibadah lainnya yang biasanya sering kita laksanakan seperti melaksanakan shalat tarawih dan witir berjamaah, bertadarus, i’tikaf, dan salah satunya adalah safari Ramadhan. Namun tahukah kalian safari Ramadhan itu seperti apa?

Kata safari jika dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki makna perjalanan atau wisata. Makna dari safari lebih lengkapnya adalah menjangkau tempat-tempat yang terjauh sekalipun, atau di tempat-tempat yang berada di pedalaman. Dan bisa dikatakan bahwa safari Ramadhan adalah sebuah kegiatan yang dikoordinasi secara berkelompok untuk berkegiatan ekspedisi guna mencapai dan menggapai kemuliaan serta keutamaan bulan suci Ramadhan.

Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan pada safari Ramadhan yaitu silaturahim ke tempat-tempat saudara muslim lainnya, buka puasa bersama, tausiah Ramadhan, membantu antar sesama muslim yang kurang mampu, dan berbagai kegiatan positif lainnya.

Dilansir dari situs republika.co.id, kegiatan safari Ramadhan memiliki beberapa dampak yang positif, salah satunya adalah memiliki efek yang sangat konstruktif bagi kehidupan individu ataupun kehidupan sosial.

Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah, silaturahim memiliki banyak manfaat, di antaranya memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya.

Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturahim.” (HR Bukhari).

Dengan adanya safari Ramadhan ini secara tidak langsung dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama masyarakat atau antara masyarakat dengan pemerintah. Karena dengan safari Ramadhan ini, maka setiap orang akan mengetahui pokok permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Kita sebagai sesama muslim wajib membantu saudara-saudara muslim lainnya yang sedang dalam kesusahan sehingga nantinya saudara-saudara muslim yang sudah kita tolong tadi kehidupannya menjadi lebih mudah.

Dan tentu, momen bulan suci Ramadhan ini adalah saat yang tepat untuk kita melakukan safari Ramadhan dengan tujuan membantu dan meringankan beban hidup saudara muslim kita yang sedang dalam kesusahan. Safari Ramadhan juga merupakan bentuk ekspedisi spiritual kita, yaitu agar kita semakin dekat dengan sesama saudara muslim dan juga semakin dekat dengan Allah SWT.[]

#30HariBercerita