Beranda Artikel 4 Manfaat Kopi yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

4 Manfaat Kopi yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

BERBAGI

Artikel | DETaK

Foto-6-Kopi-Terbaik-Indonesia
(Kopi yang siap dinikmati/Dok.Istimewa)

Darussalam – Bagi para pencinta kopi, meneguk secangkir kopi di pagi hari mungkin adalah hal yang wajib ada dalam list harian. Walau tak semua orang tahan dengan efek kafein, tetapi beberapa penelitian menyebut bahwa kebiasaan minum kopi bisa menurunkan risiko diabetes melitus. Para peneliti pun sudah lama meneliti tentang kopi dan berikut adalah manfaat kopi bagi kesehatan yang sudah teruji secara ilmiah.

1. Mencegah Multiple Sclerosis

Iklan Souvenir DETaK

Studi baru yang membandingkan antara orang yang terkena multiple sclerosis dengan orang yang sehat, ditemukan bahwa seseorang yang tidak pernah mengonsumsi kopi memiliki risiko 1,5 kali lebih besar. Ini artinya mereka yang sering mengkonsumsi kopi dapat terhindar dari Multiple Sclerosis.

“Ada banyak senyawa dalam kopi yang dapat memberikan kontribusi,” terang Ellen Mowry, MD, dari Johns Hopkins Medicine.” Kafein dapat melindungi dari penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer. Menariknya, hal tersebut tidak memengaruhi fungsi sel-sel kekebalan di otak, tetapi memiliki dampak pada bagian tertentu yang mungkin memicu kedua penyakit tersebut.

2. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

kopi-arabika-gayo-_120315205514-628
(Tanaman kopi/Dok.Istimewa)

Suatu penelitian yang dirilis pada Januari 2015 menemukan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi sehari memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena melanoma, bentuk kanker kulit paling mematikan. Walau begitu, cara paling efektif mencegah kanker kulit adalah mengurangi paparan berlebihan sinar ultraviolet, menggunakan tabir surya, dan menghindari proses tanning. Jadi, bukan berarti  bebas berjemur di bawah sinar matahari sambil menyeruput kopi akan menghindarkan Anda dari risiko kanker kulit.

3. Terhindar Dari Risiko Kanker Payudara

Meski dalam penelitian di Swedia ditemukan bahwa wanita yang rajin minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara, tetapi para peneliti menggarisbawahi bahwa faktor gaya hidup sehat juga jadi penentu.

4. Meningkatkan Kemampuan Olahraga

Dalam sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan tahun lalu, para pesepeda melaporkan bahwa satu jam latihan yang mereka jalani jauh lebih menyenangkan dan tidak menyulitkan setelah mereka menelan kafein dibandingkan plasebo. Ini karena adanya zat tertentu dalam kopi yang memiliki efek meningkatkan rasa gembira. Kafein juga meningkatkan performa atletik. Tak heran jika ada atli yang disuguhi kopi sebelum bertanding agar performanya meningkat.

Meski demikian, ketahui bahwa minum kopi yang dicampurkan krim, gula, atau bahkan cokelat, bisa menambah kalori dengan cepat. Karenanya, batasi gula tambahan dalam kopi. Bukankah akan lebih nikmat jika kita menikmati kopi tanpa campuran apa pun. Dan juga perlu diingat bahwa mengkonsumsi kopi dalam jumlah besar tidaklah sehat. Maka cerdaslah dalam mengkonsumsi kafein. Sekarang…… Yuk Ngopi!

Sumber: Kompas