Beranda Terkini Walhi Aceh Ajak Pemuda Aceh Lanjutkan Perjuangan Melalui Pelatihan Jurnalisme Warga

Walhi Aceh Ajak Pemuda Aceh Lanjutkan Perjuangan Melalui Pelatihan Jurnalisme Warga

BERBAGI
Suasana usai pemaparan materi. 27/05/19 (Nurul Hasanah | DETaK)

Nurul Hasanah | DETaK

Banda Aceh- Korps Barisan Pemuda Aceh (BPA) bersama Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dan Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh mengadakan Pelatihan Jurnalisme Warga dengan tema “Teknik Dasar Menulis dan Pendokumentasian” dari tanggal 27 hingga 28 Mei 2019, di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh.

Acara ini menghadirkan empat pemateri, yaitu Adi Warsidi, Hafifuddin, Yarmen Dinamika, dan Zulfan Amru. Ali Hermansyah selaku Ketua Pelaksana Acara, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja Walhi Aceh untuk masyarakat di Beutong Ateuk Banggalang. Namun, karena tidak adanya waktu dan kesempatan untuk dilaksanakan di daerah tersebut, Walhi Aceh mengajak Korps BPA sebagai panita pelaksana kegiatan acara ini.

“Sebenarnya, ini program kerja Walhi khusus untuk masyarakat di Beutong Ateuk Banggalang. Karena mengingat waktu dan kesempatan tidak bisa dilaksanakan di sana. Maka, dihubungi kita pihak BPA untuk laksanakan kegiatan ini,” ungkapnya saat ditemui pada Senin, 27 Mei 2019.

Ia juga menambahkan, bahwa mahasiswa yang diundang sebagai delegasi kegiatan pelatihan adalah mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas, dan mahasiswa yang tergabung dalam Korps BPA.

“Makanya dalam hal ini, kita mengundang kawan-kawan sebagai peserta delegasi yang pertama dari lembaga pers kampus, yang kedua dari BEM-BEM Univesitas, dan yang ketiga dari kawan-kawan yang tergabung dalam BPA,” lanjutnya.

Selanjutnya, Ali Hermansyah berharap dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalisme ini, para delegasi nantinya dapat bergabung untuk melakukan perjuangan bersama BPA dan juga dapat menjalin hubungan sebagai mitra kerja.

“Sebagai pelaksana, harapan kami setelah mendapat berbagai macam ilmu di sini, kawan-kawan dapat bergabung juga untuk melakukan perjuangan BPA khususnya untuk tolak tambang PT. EMM, kemudian juga menjadi mitra kerja kita. Hal ini dikarenakan, sewaktu aksi saya selaku orang yang meng-handle di bagian kamera merasa kekurangan,” tandasnya.

Di sisi lain, Amkarul Aula salah satu delegasi dari Ikatan Pemuda Pidie Jaya (IPPMJ) sekaligus mahasiswa jurusan Arsitektur Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, mengatakan bahwa alasan ia mengikuti acara ini untuk belajar dan memperdalam pengetahuan tentang dasar-dasar jurnalistik. Selain itu, ia juga bercita-cita ingin menjadi seorang jurnalis arsitektural.

“Saya ingin mengenal teknik dasar jurnalis. Jurnalis cakupannya kan masih luas, jadi saya ingin menjadi jurnalis arsitektural. Saya ingin mengobservasi dan membagikan jenis bangunan yang indah-indah,” ujarnya. []

Editor: Cut Siti Raihan

1 KOMENTAR

  1. Pelatihan jurnalisme ini memang harus digalakkan bagi kalangan Mahasiswa. Dengan adanya pelatihan seperti ini mahasiswa akan bertambah pengetahuan dan kemampuannya dalam mencari, mengolah, menulis serta menyampaikan berita/artikel, tajuk rencana, dan laporan mendalam secara efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here