Beranda Terkini Unsyiah Buka 6 Jalur Program KKN Periode XV

Unsyiah Buka 6 Jalur Program KKN Periode XV

BERBAGI
(Ist.)

Devy Alya Pratama | DETaK

Darussalam-Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) membuka 6 jalur Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2018 di periode KKN XV pada bulan Juli-Agustus 2018, Senin, 7 Mei 2018.

Ketika tim DETaK menemui Tongku Nizwan Siregar, Kepala Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) Unsyiah di kantornya, Tongku mengatakan bahwa di periode ini Unsyiah punya 6 jalur untuk Program KKN, diantaranya adalah KKN Reguler, KKN Revolusi Mental, KKN Terintegrasi (PPL), KKN Program Pengabdian Masyarakat (PPM), KKN Tematik ENJ, dan KKN Kebangsaan.

“Jalur untuk periode ini lebih banyak dibanding dengan KKN di bulan 1 nanti, agar sejalan dengan program pemerintah,” ungkap Tongku.

Banyaknya jalur KKN yang dibuka memberikan pilihan kepada mahasiswa program KKN untuk mengimplementasikan  pengetahuan teori yang dimiliki guna penerapan langsung di lapangan.

Di tahun sebelumnya, beberapa jalur program KKN juga muncul dan menjadi pilihan mahasiswa Unsyiah. Beberapa jalur program ini berasal dari program  pemerintah, diantaranya Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK-RI), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (Kemenko Maritim RI).

KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari Tridharma perguruan tinggi. Kegiatan  KKN  menjadi  bentuk  nyata  kontribusi  Unsyiah bagi  masyarakat, industri, pemerintah  daerah  dan  kelompok  masyarakat  dalam pembangunan.[]

Editor: Maisyarah Rita