Beranda Terkini PAKARMARU FKEP Unsyiah 2017

PAKARMARU FKEP Unsyiah 2017

BERBAGI
Foto bersama dekanat FKEP Unsyiah dan mahasiswa baru FKEP Unsyiah 2017 (Dok. Panitia)

Siaran Pers | DETaK

Darussalam Fakultas Keperawatan (FKEP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Akademik Dan Karakter Mahasiswa Baru (PAKARMARU) di Gedung FKEP Unsyiah pada tanggal 19-20 Agustus 2017. Kegiatan ini merupakan agenda rutin FKEP Unsyiah yang diadakan setiap tahunnya dan tahun ini merupakan tahun keempat.

PAKARMARU tahun ini mengusung tema “Increase Knowledge, Create Passion To Be Future Nurse” dan mengundang narasumber-narasumber profesional di bidangnya pada setiap sesi. Sebanyak 137 mahasiswa baru mengikuti pakarmaru tingkat fakultas yang diadakan selama 2 hari ini.

Ada hal yang tidak biasa di FKEP Unsyiah dalam melakukan orientasi dan pendidikan karakter ini. Disamping memberikan pendidikan karakter dan akademik serta pengenalan kampus,  pakarmaru FKEP kali ini juga menyaring minat dan bakat yang dimiliki mahasiswa barunya dan membuka peminatan bakat agar para mahasiswa baru mampu mengembangkan potensi bakat yang telah mereka miliki dan minati.  Salah satu sesi yang diadakan dalam kegiatan ini adalah Passion Club, dimana pada sesi ini para mahasiswa baru diberikan kesempatan untuk memilih minat dan bakat yang dimilikinya serta membagikan pengalamannya untuk didiskusikan dengan mahasiswa lain yang memiliki minat dan bakat yang sama.

Para pemenang sesi minat bakat terbaik PAKARMARU FKEP Unsyiah 2017 (Dok. Panitia)
Para pemenang sesi minat bakat terbaik PAKARMARU FKEP Unsyiah 2017 (Dok. Panitia)

Terdapat 6 club yang terdapat pada sesi ini,yaitu art, sciene, english, sport, digital/photography dan MTQ. Sesi ini juga mengudang mentor-mentor berbakat pada tiap bidangnya. Tujuan dari Passion Club ini adalah untuk memunculkan potensi dini dalam diri mahasiswa dan mengembangkan potensi tersebut menjadi suatu karya dan prestasi yang mampu mengharumkan nama fakultas baik di tingkat nasional maupun internasional.

PAKARMARU sendiri merupakan kegiatan untuk mempersiapkan karakter mahasiswa agar siap memasuki dunia perkuliahan dengan cara memperkenalkan sistem perkuliahan dan sistem pembelajaran yang diterapkan. Tidak hanya sekedar pengenalan kampus, orientasi ini pun berkembang menjadi sebuah pendidikan karakter bagi mahasiswa baru dalam masa perkuliahannya guna memperluas potensi diri. Disamping mengenal kampus mereka sendiri, mahasiswa diarahkan dan dituntut menjadi orang yang berkarakter sopan, santun dan beretika.[]

Editor: Fazrina Nabillah

Comments

comments