Beranda Terkini Mahasiswa PKMM Unsyiah Terapkan Kesadaran Cuci Tangan Melalui Mikrobiologi

Mahasiswa PKMM Unsyiah Terapkan Kesadaran Cuci Tangan Melalui Mikrobiologi

BERBAGI
(Dok. Panitia)

Mimi Misni | DETaK

Darussalam- Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang terhimpun dalam Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) melakukan kegiatan meningkatkan kesadaran mencuci tangan kepada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 57 Banda Aceh, Senin, 29 April 2019.

Kegiatan ini diketuai oleh Saidatul Wulya, mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP), yang beranggotakan Sri Muliani, Fathurrahman Luthfi, Anggi Pratiwi dan Rika Farhana, serta dosen pembimbing Dewi Yunita.

Penelitian ini dilakukan karena melihat banyaknya anak-anak yang terkena penyakit akibat terinfeksi dari kuman yang berasal dari tangan mereka. Berdasarkan data WHO (World Health Oganization) dan Departemen Kesehatan (Depkes) tahun 2009, setiap tahun rata-rata 100.000 anak di Indonesia meninggal dunia akibat diare, hal ini dikarenakan anak-anak, khususnya usia Sekolah Dasar berkisar 7-12 tahun masih kurang memiliki perilaku gaya hidup sehat seperti mencuci tangan setelah melakukan aktivitas dan sebelum makan.

“Kegiatan ini kami lakukan agar anak-anak dapat membiasakan hidup bersih dan sehat terutama dalam hal mencuci tangan sesuai dengan enam langkah metode mencuci tangan yang diterapkan WHO” ungkap Saida.

Menurut Saida, kegiatan membiasakan cuci tangan telah banyak dilakukan. Akan tetapi, untuk meningkatkan kesadaran anak-anak dalam mencuci tangan, tidak cukup hanya mengajarkan gerakan mencuci tangan dengan sabun saja, tanpa membuktikan langsung bagaimana penampakan kuman yang berada pada tangan mereka, supaya mereka lebih was-was dan rajin mempraktikkannya. Oleh sebab itu, penelitian  PKMM ini melakukan penelitian dengan menempelkan tangan diatas ‘media agar’ yang kemudian dibawa ke laboratorium untuk diuji selama dua hari hingga memperoleh gambar kuman yang tumbuh pada tangan mereka.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kedepannya siswa dapat membiasakan diri untuk hidup bersih dengan cara mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas agar terhindar dari penyakit,” tutupnya.

Editor: Cut Siti Raihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here