Beranda Terkini Jejak FISIP II Sebagai Perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Jejak FISIP II Sebagai Perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi

BERBAGI
(Dok. Panitia)

Indah Latifa [AM] | DETaK

Aceh Besar- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mengadakan Jejak FISIP II. Kegiatan yang diadakan pada tanggal 26-27 Oktober 2019 ini mengusung tema “Satukan Langkah Eratkan Persaudaraan Untuk Peduli dan Berbagi Kepada Generasi Penerus Bangsa”, bertempat di Gampong Panca, Kecamatan Leumbah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar.

Jejak FISIP merupakan kegiatan bakti sosial FISIP Unsyiah yang dilaksanakan oleh BEM FISIP sebagai program rutin setiap tahun. Tujuan utama diadakannya bakti sosial ini adalah untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian masyarakat.

Teuku Rizza Zulhima Mully, selaku ketua BEM FISIP Unsyiah, dalam sambutannya mengungkapkan melalui kegiatan pengabdian mahasiswa FISIP kepada masyarakat diharapkan akan memberikan kenangan dan manfaat bagi masyarakat.

“Jejak FISIP II ini merupakan tapak besar sebagai perwujudan harapan jejak kedua yang akan memberikan manfaat lebih besar serta perkembangan dari jejak sebelumnya yang merupakan tapak kecil dari Jejak FISIP tahun lalu,” tuturnya saat memberi kata sambutan.

Selain itu, Wakil Dekan III FISIP Unsyiah, Zulfan, menjelaskan bahwa Jejak FISIP ini mengutamakan pembinaan pendidikan dalam penyelenggaraannya, baik pendidikan umum maupun pendidikan agama.

“FISIP dalam bidang pengabdian masyarakat punya kegiatan setiap tahunnya yaitu melakukan bakti sosial. Tahun ini, kami menemukan desa yang paling konsumtif yaitu Gampong Panca yang akan kami bina selama setahun sesuai program yang telah kami rencanakan,” jelas Zulfan.

Sementara itu, Kepala Dinas Bidang Pemberdayaan Sosial Aceh, Aulia Rahman, berharap bantuan dari pihak Universitas agar dapat membantu mengembangkan ataupun memaksimalkan sumber daya dan dana yang ada di Gampong Panca serta memberikan wawasan kepada masyarakat untuk mengelola sumber daya alam.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan pemukulan rapa’i oleh Camat Leumbah Seulawah sebagai simbol dimulainya rangkaian kegiatan bakti sosial. Adapun kegiatan yang akan dilakukan yaitu, sosialisasi pendidikan dan gosok gigi terhadap anak-anak SD Negeri Panca, sosialisasi pembuatan sabun, lomba azan dan hafalan surat pendek, nonton bareng, gotong royong, penanaman bibit pohon, serta masak kuah beulangong bersama masyarakat. []

Editor: Nurul Hasanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here