Beranda Terkini Ini Manfaat Asian Games 2018

Ini Manfaat Asian Games 2018

BERBAGI
Api obor Asian Games 2018 di depan kantor Gubernur aceh. 31/7/18 (Devy Alya Pratama/DETaK)

Devy Alya Pratama | DETaK 

Banda AcehMultievent Asian Games 2018 digadang-gadang menghabiskan biaya penyelenggaraan yang tidak sedikit. Dilansir dari www.kompas.com, anggaran yang dikeluarkan pemerintah mencapai Rp. 30 Triliun, dimana pembangunan infrastruktur Asian Games 2018 lebih besar dari pada penyelenggaraan event olahraga itu sendiri.

Lantas apa manfaat Asian Games yang menghabiskan dana triliunan rupiah ini?

Sejumlah manfaat dari pelaksanaan Asian Games 2018 diungkapkan oleh  Perwakilan panitia pelaksana Asian Games 2018 Inasgoc, Hansari Abdul Gani pada saat menyampaikan kata sambutan kegiatan Torch Relay Kirab Obor Asian Games 2018 di Aceh pada Selasa, 31 Juli 2018.

Dalam sambutannya, Hansari mengungkapkan sejumlah kemungkinan manfaat yang akan kita dapat dari sebuah event akan dirasakan setelah Asian Games berakhir.

“Secara ekonomi kita akan naik, pendapatan negara akan naik dimana para turis akan berdatangan. Nah buat Aceh sendiri, dengan adanya rute Torch Relay ini, semua yang ikut ke Aceh, media nasional maupun internasional dapat melihat sendiri bagaimana kondisi Aceh saat ini,” ucap Hansani.

Hal senada juga disampaikan oleh Pelaksana Gubernur, Nova Iriansyah, kegiatan ini tidak hanya menghadirkan pencitraan yang baik, tetapi juga dapat pula memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Asian Games menjadi wahana untuk mempromosikan potensi wisata investasi dan penguatan ekonomi masyarakat Indonesia dan dapat memberikan manfaat terhadap pembinaan dan penguatan olahraga nasional,” terang Nova.

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil mengatakan Asean Games 2018 merupakan event multinasional dimana sangat bagus sekali untuk promosi wisata.

Sebelumnya di Korea Selatan tahun 2014, sebanyak 200 ribu turis yang berdatangan utuk menyaksikan perhelatan olahraga tersebut. Kemudian Sofyan menargetkan sebanyak 250 ribu turis akan bereforia pada Asian Games 2018 dalam waktu dekat di Indonesia.

“Dengan memperlihatkan citra Indonesia yang kaya dengan keberagaman dan aman, sendirinya akan menimbulkan ketertarikan tersendiri bagi para turis yang datang nanti,” ucap Sofyan.

Asian Games 2018 adalah even olahraga internasional se-Asia diselenggarakan 4 tahun sekali, kegiatan ini diorganisir oleh Olympic Council of Asia dimana pelaksanaan ke-18 digelar di Jakarta dan Palembang. []

Editor: Maisyarah Rita