Beranda Terkini AHY Fokuskan Mahasiswa Jadi Generasi Unggul

AHY Fokuskan Mahasiswa Jadi Generasi Unggul

BERBAGI
AHY saat memberikan Kuliah Umum di Unsyiah. 13/11/17 (Ani Sairufah [AM]/ DETaK)

Anisairufah[AM] | DETaK

Darussalam- Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan Kuliah Umum tentang “Mempertegas Peran Mahasiswa dalam Pembangunan dan Kemajuan Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” yang dibawakan oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Senin 13 November 2017 di gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah.

Acara tersebut turut dihadiri sejumlah undangan tokoh publik Aceh, seperti; Wali Nanggroe, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR-RI), Rektor dan Wakil Rektor Unsyiah, Dekan, serta Dosen dari berbagai fakultas di Unsyiah.

Pada kuliah umum ini Rektor Unsyiah, Samsul Rizal turut memberikan kata sambutan yang menyatakan bahwa fokus perbaikan Unsyiah kedepan berawal dari peningkatan mutu pendidikan  yang diperoleh mahasiswa Unsyiah

“Untuk menjadikan Unsyiah salah satu Universitas yang baik dimasa depan, masih banyak yang harus kami lakukan salah satunya, fokus kami terhadap mahasiswa, kami bekerja sangat keras agar mereka yang selama ini tercatat di institusi ini memperoleh pendidikan yang terbaik dan optimal,” ungkap Samsul.

Samsul kemudian melanjutkan bahwasanya target Unsyiah kedepan bukan sekedar menciptakan lolosan yang intelektual secara pengetahuan, tetapi juga tegas dan berkarakter islami dan menghargai  perbedaan.

“Di Unsyiah telah dibiasakan hal-hal yang baik setiap harinya, agar mereka menjadi mahasiswa generasi emas di masa depan,” lanjutnya.

Dalam kuliahnya, AHY memaparkan materi terkait peran mahasiswa dalam pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia pada tahun 2045.

“Bangsa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya yang selalu mengapresiasi apa yang telah dilakuakan oleh orang terdahulu dan pemimpin sebelumnya. Tetapi, bangsa yang besar juga harus mempersiapkan generasi penerusnya agar mereka sukses dan menjemput masa depan yang lebih baik lagi. Inilah yang harus kita lakukan sekarang, dan yang perlu saya sampaikan disini adalah adik-adik semua harus menjadi generasi unggul,” mulai AHY.

Menurutnya, menjadi generasi unggul harus mempunyai 3 hal yaitu: kapasitas intelektual, integritas dan  karakter moral yang baik, serta pantang menyerah.

“Menjadi generasi unggul harus mempunyai kapasitas intelektual cerdas otaknya,yang dalam artian mampu melihat peluang, cerdas dalam arti luas banyak membaca, mendengar, menulis dan banyak mencoba atau riset, kemudian mempunyai integritas, karakter dan moral yang baik, serta membangun karakter yang baik dan pantang menyerah,” paparnya. []

Editor: Maisyarah Rita

 

Comments

comments