Beranda Terhangat Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Unsyiah Buka Layanan Konsultasi Tangani Kecemasan Covid-19

Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Unsyiah Buka Layanan Konsultasi Tangani Kecemasan Covid-19

BERBAGI
Ist.
loading...

Nurul Hasanah | DETaK

Banda Aceh- Virus korona atau Covid-19 saat ini telah mewabah hampir di seluruh belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Berbagai informasi tentang pandemi Covid-19 saat ini juga menjadi sasaran media massa baik di televisi maupun situs media daring. Tak pelak beberapa pemberitaan tersebut justru menimbulkan kekhawatiran bagi publik sebagai pembaca. Ditinjau dari sisi psikologi, kekhawatiran yang timbul akan berdampak negatif.  Oleh karena itu, Unit Pelayanan Konseling dan Psikologi Terpadu (UPKPT) Prodi Psikologi Unsyiah menghadirkan layanan konsultasi bagi mahasiswa Unsyiah yang saat ini merasa cemas atau khawatir terhadap penyebaran Covid-19 dan membutuhkan bantuan psikolog untuk meminimalisir kekhawatiran yang dialami.

Layanan konsultasi ini diberikan khusus untuk mahasiswa Unsyiah secara gratis. Konsultasi dilaksanakan pada hari Senin-Jumat melalui WhatsApp. Selanjutnya, proses konseling dilakukan selama lima puluh menit per sesi. Konselor yang akan memberikan konsultasi adalah dosen dari Prodi Psikologi Unsyiah.

loading...

“Untuk Covid-19, klien menghubungi nomor admnistrasi dan administrasi akan mengonfirmasi konselor berdasarkan jadwal yang ditentukan. Waktu konseling 50 menit, dan jika sudah selesai konselor melaporkan kepada administrasi. Jika dirasa masih memerlukan konseling lanjutan akan dilanjutkan minggu depan,” ungkap Ketua Jurusan Psikologi, Mirza, saat dihubungi pewarta www.detak-unsyiahcom Senin, 6 April 2020.

Tak hanya konsultasi mengenai kecemasan terhadap pandemi Covid-19, UPKPT ini juga memberikan layanan konsultasi permasalahan yang dialami oleh mahasiswa Unsyiah, seperti masalah keluarga, pribadi, maupun masalah yang dialami selama proses belajar.

“Konseling untuk Covid-19 itu karena kondisi saat ini saja, UPKPT ini dibentuk untuk membantu mahasiswa yang mengalami masalah dalam proses belajar,” lanjut Mirza.

Mirza menambahkan, UPKPT ini sudah berdiri sejak tahun 2010 dan pelaksanaannya sesuai dengan Surat Keterangan (SK) Rektor Unsyiah. Untuk melakukan konsultasi, mahasiswa bisa datang ke UPKPT yang terletak di Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Unsyiah. Kegiatan konsultasi akan dilaksanakan sesuai Standar Operasional (SOP) yang telah dibentuk.

“Semua ada SOP-nya, tapi secara singkat untuk mahasiswa dengan masalah akademik, usulan konseling bisa dilakukan oleh dosen wali, dosen wali meminta mahasiswa untuk melakukan konseling ke UPKPT atau mahasiswa bisa melakukannya sendiri dengan mendaftarkan diri sebelumnya dan dapat memilih konselor yang diinginkan,” jelas Mirza. []

Editor: Missanur Refasesa