Beranda Terhangat PJTD Sebagai Ajang Pembekalan Materi Jurnalistik Bagi Calon Anggota DETaK

PJTD Sebagai Ajang Pembekalan Materi Jurnalistik Bagi Calon Anggota DETaK

BERBAGI
Pemaparan materi PJTD. 28/09/19. (Monita Julistalia | DETaK)

Cut Siti Raihan | DETaK

Darussalam- Sebanyak 41 calon anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers DETaK Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang telah dinyatakan lulus tahap wawancara, mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu Sabtu s.d. Minggu, 28-29 September 2019, di Aula Asrama Unsyiah.

Kegiatan PJTD kali ini mengusung tema “Membangun Literasi Media di Era Digital”. Alasan pemilihan tema ini karena sesuai dengan generasi sekarang yang serba menggunakan digital.

“Kita sekarang sudah di era 4.0, sehingga pemilihan tema ini sangat sesuai dengan keadaan yang ada saat ini,” ungkap ketua panitia, Buhari Hapiansyah.

Buhari juga menambahkan, bahwa yang mendaftar open recruitment mencapai ratusan orang, yang lulus wawancara sekitar 60 orang, dan yang mengikuti PJTD 41 orang. Ia berharap agar peserta yang lulus nanti dapat bertahan hingga akhir.

Di sisi lain, Missanur Refasesa, Pemimpin Umum UKM Pers DETaK mengatakan bahwa, kegiatan PJTD ini sangat diperlukan sebagai basic untuk menjadi seorang jurnalis.

“Kegiatan PJTD ini merupakan agenda wajib bagi calon anggota DETaK, juga sebagai basic sebelum nantinya turun ke lapangan,” ungkapnya.

Pada hari pertama PJTD, peserta disuguhi dengan beberapa materi diantaranya, manajemen organisasi oleh Tri Hanstama Nogie, teknik wawancara jurnalistik oleh Muhammad Ifdhal, straight news oleh Syukri, dan fotografi oleh Fendra Tryshanie.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here