Beranda Terhangat Perpustakaan Unsyiah Survei Keefektivitasan Pustaka

Perpustakaan Unsyiah Survei Keefektivitasan Pustaka

BERBAGI
(Ist.)

Cut Meliana | DETaK

Darussalam – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melakukan survei terhadap pengunjung mulai 3-10 April 2018, kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk mengukur secara ilmiah adanya dampak yang diberikan perpustakaan terhadap mahasiswa sehingga mampu meningkatkan prestasi akademik. Hal tersebut diterangkan secara langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Unsyiah, Taufiq Abdul Gani.

“Ini untuk melihat dampak pustaka terhadap mahasiswa, apakah membantu, memberi manfaat atau mereka hanya datang berleha-leha di sini tapi tidak berdampak terhadap akademik mereka,” ungkapnya saat diwawancarai tim detak-unsyiah.com Senin, 9 April 2018 di Perpustakaan Unsyiah.

Selain itu, Taufiq menjelaskan survei terhadap pengunjung perpustakaan menjadi salah satu kewajiban dari setiap pustaka yang telah memperoleh sertifikat Organisation internationale de normalisation (ISO).

“Ini salah satu kewajiban kita,  kewajiban dari adanya certified ISO, kita harus melihat adanya feedback yang diberikan oleh pengunjung,” terangnya.

Kegiatan serupa telah dilaksanakan sebelumnya, akan tetapi pada tahun ini survei yang dilakukan lebih ilmiah. Didukung dengan adanya kerjasama antara perpustakaan Unsyiah dengan Prodi Statistik.

“Pada tahun ini kita melakukannya dengan lebih baik, seperti sebuah penelitian, jadi lebih ilmiah dan ikut melakukan kerjasama dengan prodi statistik,” ungkapnya.

Dalam proses survei tersebut, mahasiswa dipilih secara acak untuk mengisi form pertanyaan yang telah disediakan secara online. Lebih lanjut Taufiq mengharapkan melalui survei dapat mengetahui sejauh mana manfaat yang diberikan perpustakaan kepada civitas serta adanya respon.

Editor : Athaillah

Comments

comments