Beranda Terhangat Pelatihan Jurnalistik KOMEMA Diikuti Puluhan Jurnalis Muda

Pelatihan Jurnalistik KOMEMA Diikuti Puluhan Jurnalis Muda

BERBAGI
Foto bersama peserta pelatihan jurnalistik investigasi. (Dok.Panitia)

Nisa Mardhatillah | DETaK

Banda Aceh- Komunitas Muda Aceh Melek Media (KOMEMA) mengadakan pelatihan jurnalistik bertajuk “Digital Investigative Reporting Training For Aceh Youth” di hotel Mekkah, Banda Aceh pada 5-6 Februari 2020. KOMEMA juga bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dalam menggelar pelatihan jurnalisme investigasi tersebut.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari dan dihadiri oleh 40 jurnalis muda dari berbagai portal media daring, dan mahasiswa yang aktif dalam kegiatan pers kampus dari berbagai perguruan tinggi di Aceh.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Rahmat Saleh selaku ketua KOMEMA dan alumnus of IVLP. Rahmat mengatakan bahwa pelatihan ini diadakan untuk memberikan pengetahuan dan juga bagaimana praktik mengenai jurnalisme investigasi di ruang lingkup layanan publik.

“Apa yang harus kita investigasikan adalah hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik, bukan kepentingan orang atau kelompok tertentu,” ucapnya.

Wakil konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Jessica Panchatha mengatakan bahwa ia mendukung para peserta untuk mendapatkan apa yang didapatkan dalam pelatihan ini dan menerapkannya untuk tujuan dan cita-cita jurnalistik.

“Saya harap anda semua akan merasa lebih siap setelah pelatihan ini untuk melaksanakan pekerjaan anda sebagai pendukung pers yang bebas,” tutupnya. []

Editor: Dhea Ameliana A.