Beranda Terhangat Gubernur Aceh Buka “Turn Back Cycling” BEM Unsyiah

Gubernur Aceh Buka “Turn Back Cycling” BEM Unsyiah

BERBAGI
Pembukaan acara di garis start depan Gelanggang Unsyiah oleh Nova Iriansyah, Gubernur Aceh. Sabtu, 7/11/2002. (Agika Putri/DETaK)
loading...

Agika Putri, Auliana Rizky | DETaK

Darussalam– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan kegiatan “Turn Back Covid Cycling” dengan tema Bersepeda Bersama Unsyiah pada Sabtu, 7 November 2020. Acara yang digelar itu mengambil garis start dan finish di halaman depan Gelanggang Unsyiah. Acara ini turut menghadirkan Gubernur Aceh Nova Iriansyah sebagai pembuka acara Turn Back Covid Cycling.

“Maka ke depannya acara yang harus diikuti lebih banyak, hanya saja memang dalam rangka Covid-19 protokolnya tolong diperhatikan. Tiga M, yaitu  menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Dan kalau bisa kegiatan selama covid pesertanya dibatasi dulu karena kalau sudah terlalu ramai tidak bisa menghindari kerumunan,” ujar Nova.

Sebanyak 70 peserta di antaranya terdiri dari mahasiswa, orang tua sampai dengan anak-anak mengikuti kegiatan ini. Acara ini dilakukan secara massal, namun semua dilakukan sesuai dengan penerapan protokol kesehatan sesuai Peraturan Walikota (Perwal) tahun 2020 untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19. Seperti peserta wajib memakai masker dan meenjaga jarak  bahkan membawa botol minuman sendiri untuk menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan.

“Tujuan utamamya  adalah seperti yang kita lihat selama masa pandemi Covid-19 seperti ini kita harus selalu tetap hidup sehat dan menjaga imunitas, dengan adanya gowes seperti ini kita bisa meng-campaign melalui masyarakat tertutama mahasiswa bahwa selama kondisi pandemi kita harus tetap bertahan dengan kondisi apa pun,“ tutur Fadil, ketua panitia acara.

Rute yang akan dilalui yaitu start dari halaman Gelanggang Unsyiah menuju Lamnyong lalu belok ke kiri Aneuk Kupi, kemudian lurus ke Cot Irie lalu putar balik Tungkop dan kembali ke halaman Gelanggang Unsyiah, garis finish sekaligus tempat pembagian hadiah berupa doorprize kepada peserta yang beruntung.

Para panitia dari event ini juga akan memberikan edukasi bagaimana menggunakan masker yang benar, dan mengingatkan akan pentingnya untuk selalu mencuci tangan serta akan ada pembagian masker dan handsanitizer kepada mahasiswa dan masyarakat yang ada di Pasar Lam Ateuk, kecamatan Kuta Baro.

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, Wakil Ketua II DPRA Hendra Budian, Rektor Unsyiah Samsul Rizal turut diundang namun berhalangan hadir. Meskipun demikian Walikota Banda Aceh sempat berpesan bahwa acara ini sangat membantu dalam meningkatkan kesadaran mahasiswa dan masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat dan peduli memakai masker. []

Editor: Missanur Refasesa

BERBAGI