Beranda Terhangat BEM Unsyiah Adakan Sosialisasi Pengurusan Formulir A5 Pindah TPS

BEM Unsyiah Adakan Sosialisasi Pengurusan Formulir A5 Pindah TPS

BERBAGI
Yusri Rizal saat sedang menyampaikan sosialisasi pindah TPS. 05/03/19 (Febby Andriyani | DETaK)

Febby Andriyani | DETaK

Darussalam- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan sosialisasi pindah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang bekerja sama dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh. Sosialisasi yang bertemakan “Pentingnya Peran Mahasiswa dalam Pemilihan” dilaksanakan di Ruang Kaca lantai 2 Gelanggang Unsyiah pada Selasa, 5 Maret 2019.

Wakil Dekan III Fakultas Hukum, M. Gaussyah, selaku pemateri menyampaikan bahwa jumlah suara dari kaum milenial (usia 18-40 tahun) di Indonesia sebesar 34% dan untuk Aceh sendiri, tingkat pemilihnya masih rendah.

”Kita mempunyai hak untuk memilih ataupun tidak untuk memilih tetapi hak yang dikategorikan sebagai hak primer seperti halnya hak memilih, gunakan sebaik-baiknya hak pilih ini,” pungkasnya.

Baca jugaGolput atau Pindah TPS?

Selanjutnya, Yusri Razali, anggota Komisioner KIP Kota Banda Aceh menjelaskan seputar mekanisme Pemilu dan tahapan-tahapan untuk mengurus pindah TPS.

“Batas akhir untuk mengurus pindah TPS adalah 30 hari sebelum hari H yaitu 18 Maret 2019. Pastikan nama kita sudah terdaftar sebagai pemilih dengan cara mengecek di aplikasi KPU Pemilu 2019 yang bisa diunduh di play store ataupun di web KPU dengan memasukkan nama dan juga NIK,” jelasnya

Ia juga menyampaikan jika sudah terdaftar, segera datang ke TPS yang ada di desa ataupun KPU atau KIP terdekat daerah asal untuk meminta formulir A5 dan laporkan ke kantor Keuchik ataupun TPS, tempat pindah lokasi memilih atau langsung datang ke kantor KIP Kota Banda Aceh.

Usai sosialisasi ini, pihak KIP Banda Aceh mendirikan posko di lantai 1 gelanggang mahasiswa Unsyiah, bagi mahasiswa yang ingin mengurus pindah TPS diharuskan membawa fotokopi KTP.[]

Editor: Nurul Hasanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here