Beranda Suara Mahasiswa Polemik Dana KKN: Dari mana sumber “air”, Kemana “air” mengalir

Polemik Dana KKN: Dari mana sumber “air”, Kemana “air” mengalir

BERBAGI
Ist

Suara Mahasiswa | DETaK

Oleh Muhammad Ammar

…Dana KKN itu berasal dari anggaran tidak terikat diambil dari sekian persen SPP kalian (mahasiswa), tahun ini memang sama sekali tidak ada dana di kami (Bapel KKN)…

Begitulah sepenggal bait yang terdengar di telinga kami para perwakilan mahasiswa yang ikut audiensi di kantor Bupati Pidie usai acara pembukaan Kuliah Kerja Nyata, guna menanyakan perihal dana KKN.

Sedikit kita ulas apakah “Anggaran tidak terikat itu?

“Anggaran tidak terikat adalah dana yang dapat dibelanjakan untuk menjalankan aktivitas utama dari universitas  yang penggunaannya tidak dibatasi untuk tujuan tertentu. Bagian keuangan dari universitas biasanya menyiapkan rincian anggaran menurut fungsi, objek, departemen, dan kelompok belanja…”

Lebih lanjut lagi, kita bisa melihat beberapa headline news tentang anggaran KKN tahun ini yang dikatakan bahwa tidak ada dalam DIPA 2016. Logika saja, andai memang dana Kelompok KKN diambil dari SPP. Indikasinya, dana itu memang ada. Namun, kami para mahasiswa tidak tahu kemana dana itu sekarang.

Bukannya para peserta KKN masih membayar SPP. Jadi dananya kemana??

Tanda tanya besar ada disini, saya rasa ada pihak yang lebih berkompeten untuk menjelaskan hal ini…

Penulis adalah Muhammad Ammar, Mahasiswa Fakultas Pertanian, juga menjabat sebagai Ketua BEM Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala.

Editor: Cut Meliana

Comments

comments