Beranda Siaran Pers Teknik Elektro Unsyiah Akan Adakan Pelatihan Antenna dan Fiber Optik

Teknik Elektro Unsyiah Akan Adakan Pelatihan Antenna dan Fiber Optik

BERBAGI
ilustrasi (foto: http://muhammadrizkixtkj1.blogspot.com)
loading...

Siaran Pers | DETaK

ilustrasi (foto: http://muhammadrizkixtkj1.blogspot.com)

Banda Aceh – Mahasiswa Teknik Elektro Bidang Telekomunikasi Fakultas Teknik Unsyiah akan mengadakan Pelatihan Dasar Antenna dan Fiber Optik selama dua hari, pada Sabtu hingga Minggu (1-2 Desember 2012) di Bale Keurukon fakultas tersebut.

Ketua panitia, Maulisa Oktiana mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang antenna dan fiber optik kepada siswa dan mahasiswa. “Kita juga menjelaskan berbagai tipe antenna, fiber optik, dan aplikasinya serta memberikan pemahaman tentang keunggulan-keunggulan antenna dan fiber optik kepada peserta nantinya,” katanya, Kamis (29/11).

loading...

Maulisa menjelaskan bahwa sistem komunikasi wireless dan fiber optik merupakan integrasi sisetem komunikasi secara global. “Komunikasi wireless mengunakan antena sebagai media penghubung dan fiber optik mengunakan kabel serat optik sebagai penghubungnya,” ujarnya.

Selain itu, kata Maulisa, peserta juga akan mendemontrasikan cara kerja dan sistem propagasi antenna, serta akan diajarkan cara penyambungan fiber optik.

Menurut Maulisa Oktiana, acara tersebut akan diikuti oleh siswa SMK Telekomunikasi Banda Aceh dan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Unsyiah sendiri, “khususnya bidang telekomunikasi,” kata Maulisa Oktiana.

Dikatakan Maulisa, kegiatan tersebut diadakan dengan konsep berupa pelatihan selama dua hari dan mengambil tema “Perkembangan Antenna dan Fiber Optik Sebagai Media Telekomunikasi Kini dan Nanti”.

Dijelaskan Maulisa, kegiatan ini dilaksanakan karena melihat perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat dan cepat dikalangan masyarakat modern sekarang ini. “Maka kami terpikirkan untuk membuat sebuah kegiatan, setidaknya bisa memberikan sedikit pemahaman tentang perkembangan telekomunikasi saat ini, seperti fiber optik yang kini mulai banyak digunakan. Jadi untuk itu, kita juga memerlukan sarana komunikasi yang handal, serta membutuhkan sumber daya manusia yang handal juga,” katanya.

“Mengikuti pelatihan yang langsung menghadirkan pemateri yang bergelut di bidang telekomunikasi, akan sangat berbeda dengan hanya belajar dari buku-buku. Di sini kita dapat bertanya langsung kepada ahlinya masing-masing,” kata Maulisa.

Pelatihan tersebut akan diisi oleh pemateri-pemateri yang berkompeten di bidangya. Di antaranya, tim dari PT Telekomunikasi Indonesia, tim dari PT Lintasarta, dan dosen dari Jurusan Telekomunikasi Teknik Elektro Unsyiah sendiri.

Kegiatan itu, kata Maulisa, akan menjadi kegiatan rutin Laboratorium Teknik Telekomunikasi Teknik Elektro Unsyiah setiap tahunnya dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan setiap siswa maupun mahasiswa yang bergelut di dunia telekomunikasi.

Maulisa berharap, agar para peserta dapat memahami kedua aplikasi sistem itu, “semoga kedua sistem ini dapat dipercaya dan mampu memenuhi tuntutan masyarakat terhadap sistem komunikasi informasinya,” tutupnya. []