Beranda Siaran Pers TASLIH IV FKep Unsyiah

TASLIH IV FKep Unsyiah

BERBAGI
Pembukaan Taslih 4 di aula FKep. Jumat, 1/12/2017. (Dok. Panitia).

Siaran Pers|DETaK

Darussalam Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan kegiatan Orientasi Keislaman atau Taaruful Islamiyah Lishihah (TASLIH) IV pada tanggal 1-3 Desember 2017.

Kegiatan TASLIH IV merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh LDF Ash-Shihah Fkep Unsyiah. Taslih juga merupakan agenda wajib bagi seluruh mahasiswa baru Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala  beragama islam yang harus diikuti untuk memenuhi persyaratan kelulusan Unit Pengembangan Program Pendamping Mata Kuliah Agama Islam (UP3AI).  Tema yang diusung dalam kegiatan TASLIH IV kali ini adalah “Menggapai Pelita Ketaqwaan Dengan Akhlak Qurani Demi Mendekap Cinta Sang Ilahi”.

Kegiatan TASLIH ini diikuti oleh 129 mahasiswa angkatan 2017 FKep Unsyiah. Rangkaian kegiatan Taslih diawali dengan pemutaran video desa Al Muqaddasah, yang merupakan konsep dari kegiatan TASLIH tahun ini. Konsep kali ini menggambarkan sebuah desa yang dihuni oleh para penduduk desa yang sedang berusaha memperbaiki diri agar terhindar dari marabahaya, para peserta TASLIH inilah yang diibaratkan penduduk dari desa Al Muqaddasah yang disebut Mufid/Mufidah.

Acara pembukaan TASLIH diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan Al Quran oleh Ghuffran Zakira. Kegiatan selanjutnya adalah laporan ketua panitia TASLIH IV, Muhammad Zubaili, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Wakil Dekan III Fakultas Keperawatan Unsyiah Cut Husna, agenda selanjutnya adalah  kata sambutan Direktur UP3AI oleh Faturrahmi, dilanjutkan dengan kata sambutan sekaligus pembukaan oleh Wakil Rektor III Universitas Syiah Kuala, Alfiansyah Yuliannur. Pembukaan dilakukan dengan pemotongan pita untuk membuka logo TASLIH IV , sekaligus peresmian desa Al Muqaddasah.

Rangkaian agenda dalam kegiatan ini yaitu pemberian materi terkait orientasi keislaman antara lain Ma’rifatullah, Tawadzun, Ma’rifatul Qur’an, Ma’rifatul Islam, Ghazwul Fikri, Ma’rifatul Rasul, Ma’rifatul Insan dan pelaksanaan Tahyiz Mayit. Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup dan membentuk akhlak yang sesuai dengan akhlak Rasullullah .

Rini Mastura selaku Sekretaris Umum TASLIH IV mengatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan mempererat kekeluagaan antara mahasiswa FKep Unsyiah.

“Kegiatan Taslih ini juga bertujuan untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dan ruhiyah serta tsaqaful Islamiyah. Selain itu, kegiatan TASLIH ini juga mendukung pelaksanaan performance kampus yang Islami di FKep Unsyiah,“ jelasnya.[]

Editor: Dhenok Megawulandari

Comments

comments