Beranda Siaran Pers SMNPTN, Jalur Undangan Diperpanjang Hingga 10 Maret

SMNPTN, Jalur Undangan Diperpanjang Hingga 10 Maret

BERBAGI
loading...

Siaran Pers | DETaK

Banda Aceh – Jadwal pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMNPTN) Jalur Undangan 2012 diperpanjang hingga 10 Maret.

Sesuai jadwal, semestinya jalur undangan ditutup hari ini, Kamis (8/3). Dengan perpanjangan ini, berarti masih ada toleransi dua hari kepada para calon mahasiswa untuk mendaftar.

loading...

Sekretaris SNMPTN 2012 Rochmat Wahab mengatakan, kebijakan ini diambil untuk mengakomodasi peserta yang sudah sejak awal mendaftar SNMPTN Jalur Undangan tapi belum dapat mengembalikannya hari ini. Para peserta yang sudah mengikuti jalur ini masih ada kesempatan dua hari mengembalikan berkasnya.

“Perpanjangan bukan untuk pendaftaran baru, melainkan toleransi bagi peserta yang sudah bayar tapi belum memasukan berkasnya,” papar Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini kemarin.

Mengenai berapa berkas yang sudah dikembalikan calon mahasiswa hingga kemarin, Rochmat belum mengetahui jumlahnya karena masih dalam proses. “Yang jelas untuk jalur ini ada 270 ribu peserta yang didaftarkan oleh sekolah,” ucapnya.

Rochmat menambahkan, pelaksanaan SNMPTN tahun ini juga ada perubahan kebijakan. Peserta SNMPTN melalui jalur undangan, peserta yang tidak lolos dapat dipergunakan untuk seleksi jalur ujian tertulis dan mandiri.

“Peserta melalui jalur undangan yang gagal masih dapat menggunakan pin mereka untuk mengikuti SNMPTN jalur ujian tertulis maupun mandiri. Jadi tidak perlu membayar lagi. Sebab, semua biaya sudah ditanggung oleh pemerintah,” paparnya.

Tahun ini peserta yang akan mengikuti SNMPTN melalui jalur undangan, ujian tulis, maupun mandiri harus lulus ujian nasional (UN). Sementara pengumuman SNMPTN melalui jalur undangan baru akan diberitahukan setelah pengumuman UN.

“Kalau UN pengumumannya 23 Mei, untuk SNMPTN jalur undangan 25 Mei. Sedangkan pendaftaran SNMPTN 2012 melalui jalur undangan dibuka mulai 1 Februari–8 Maret. Jadi bagi peserta yang tidak lulus UN, otomatis tidak lolos SNMPTN jalur undangan dan tidak bisa ikut jalur ujian tertulis maupun mandiri,” ungkapnya.

Khusus UNY, kuota calon mahasiswa yang akan diterima melalui jalur undangan sebanyak20% darijumlahkursiatau daya tampung 5.200 kursi. Dari kuota ini, peserta dari jalur undangan yang akan diterima di UNY sekitar 1.200 orang.“Sisanya diisi dari jalur SNMPTN jalur ujian tertulis dan jalur mandiri,”ujar Rochmat Direktur Administrasi Akademik Universitas Gadjah Mada( UGM).

Budi Prasetyo mengatakan, jumlah peserta SNMPTN melalui jalur undangan di kampusnya tahun ini diperkirakan mencapai 40.000 pendaftar. Adapun kuota jalur undangan sebanyak 3.438 kursi.[]

sumber: kampus.okezone.com