Beranda Siaran Pers Sebagai Bentuk Cinta Pada Al-Qur’an, Fakultas Kesehatan di Unsyiah Selenggarakan MTQMK II...

Sebagai Bentuk Cinta Pada Al-Qur’an, Fakultas Kesehatan di Unsyiah Selenggarakan MTQMK II Secara Daring

BERBAGI
dok. panitia
loading...

Press Rilis | DETaK

Banda Aceh- Sebagai salah satu bukti menunjukkaan kecintaan kepada Allah swt. adalah dengan mencintai kalam-Nya yaitu Al-Qur’an. Sehubungan dengan hal tersebut, Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, dan Keperawatan mengadakan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiwa Kesehatan (MTQMK) ke-2 tingkat fakultas untuk meningkatkan kecintaan sekaligus mengembangkan bakat serta potensi mahasiswa mengenai Al-Qur’an, Fakultas.  Acara ini mengusung tema “Aktualisasi Nilai-Nilai Al-Qur’an untuk Menciptakan Mahasiswa Kesehatan yang Berkarakter”. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan MTQMK ke-2 yang diselenggarakan pada tahun ini diadakan secara virtual via zoom meeting karena adanya pandemi Covid-19.

Dalam ajang tahun ini, ada empat cabang yang diperlombakan baik kategori putra maupun putri yang meliputi perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartil Qur’an, Musaqabah Hifdzil Qur’an (5 Juz, 10 Juz, dan 15 Juz), serta Khattil Mushaf.  Adapun peserta yang mengikuti ajang perlombaan ini merupakan mahasiswa aktif Universitas Syiah Kuala yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, dan Keperawatan dengan jumlah peserta sebanyak 65 orang yang mewakili dari setiap fakultas kesehatan angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020 di Unsyiah.

Acara ini berlangsung pada Sabtu-Minggu,10-11 Oktober 2020 yang dibuka perwakilan dekan fakultas kesehatan di Unsyiah di antaranya Maimun Syukri selaku Dekan Fakultas Kedokteran, Hajjul Kamil selaku Dekan Fakultas Keperawatan, Cut Soraya selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, dan Ismail selaku Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Hewan. Acara ini ditutup dengan tausiah dan sesi pemberian motivasi dari alumni MTQ Nasional Universitas Syiah Kuala serta ditutup secara resmi oleh Dekan FK, Fkep, FKG, dan FKH.

Melalui acara ini, pihak panitia berharap agar peserta mampu meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, mengembangkan soft kill di bidang Al-Qur’an, serta meningkatkan syiar dan ukhuwah islamiah antarmahasiwa kesehatan di Universitas Syiah Kuala. []

Editor: Nurul Hasanah

BERBAGI