Beranda Siaran Pers Mahasiswa KKN PPM Unsyiah Ajarkan Pembuatan Herbarium kepada Anak SDN Layeun

Mahasiswa KKN PPM Unsyiah Ajarkan Pembuatan Herbarium kepada Anak SDN Layeun

BERBAGI
(Dok. Pribadi)

Siaran Pers | DETaK

Aceh Besar – Salah satu Tri Dharma perguruan tinggi selain penelitian, pendidikan, yaitu pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat yang tengah berjalan ialah Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM). Sebanyak 32 mahasiswa dari 5 fakultas berbeda (Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, dan Fakultas Hukum) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang tergabung dalam kelompok KKN PPM-02 sedang melakukan kegiatan sejak awal bulan Juli 2018 di Gampong Leyeun, Kec. Leupung, Kab. Aceh Besar.

Pada Kamis, 12 Juli 2018, kelompok KKN PPM-02 ini melakukan kegiatan Pembuatan Herbarium sebagai bahan praktikum kepada SDN Layeun yang diikuti oleh siswa kelas 5. Pembuatan Herbarium merupakan salah satu program yang diusulkan oleh Nurjanah, mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah angkatan 2015. Kegiatan ini didukung oleh Raida Agustina selaku dosen pembimbing lapangan dan mahasiswa lain yang turut membantu dalam pelaksanaannya.

(Dok. Pribadi)

Selain menjadi kegiatan praktikum siswa, Herbarium juga dapat dijadikan hiasan sekolah atau media ajar oleh guru untuk mengajar siswa, khususnya materi mengenai tumbuhan. Tujuannya adalah untuk membangkitkan minat siswa yang tadinya mungkin merasa segan dan acuh saat diajarkan materi IPA oleh guru.

“Saya menjelaskan mengenai Herbarium dan cara pembuatannya. Setelah mereka mengerti dengan penjelasan saya, kemudian saya memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk mencoba membuat herbarium sendiri dengan tumbuhan yang mereka inginkan. Mereka sangat antusias membuat Herbarium,” ujar Nurjanah.

Mereka antusias dan senang mendapatkan ilmu baru yang bisa diterapkan sebagai hiasan menarik.

“Kami merasa senang, karena mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan baru. Kami belajar bagaimana membuat awetan tumbuhan yang dapat disimpan dalam waktu lama,” ujar salah satu siswa SDN Layeun.

(Dok. Pribadi)

Begitu antusiasnya, bahkan ada siswi yang meminta diajari lebih dan berencana mengunjungi Nurjannah untuk meminta bantuan membuat hiasan kamar dari Herbarium dengan bunga yang cantik.[]

Editor: Fazrina Nabillah

Comments

comments