Beranda Siaran Pers LKMMF Farmasi Unsyiah 2017

LKMMF Farmasi Unsyiah 2017

BERBAGI
(Dok. Panitia)

Siaran Pers | DETaK

Darussalam – Himpunan Mahasiswa Farmasi (Himafar) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Mahasiswa Farmasi (LKMMF) Tingkat I pada Minggu, 3 Desember 2017 di Aula FMIPA Unsyiah.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan serta membentuk jiwa kepemimpinan mahasiswa farmasi. Kegiatan ini turut menghadirkan sejumlah pemateri diantaranya Koordinator Kemahasiswaan jurusan Farmasi Unsyiah, Tedy Kurniawan Bakri. Tedy menyampaikan bahwa seorang Farmasis harus berperan menjadi pemberi perhatian, pembuat keputusan, komunikator, manajer, pemimpin, pembelajar kehidupan, guru, peneliti, dan juga pengusaha sekaligus.

“Jika ada seseorang yang membutuhkan obat dalam keadaan darurat dan mengetuk pintu apotek di malam hari, maka merupakan kewajiban apoteker untuk melayani kebutuhan obat orang tersebut,” jelasnya.

Kemudian dilanjutkan dengan materi kepemimpinan dan keorganisasian yang disampaikan oleh Muhammad Hamzah. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsyiah periode 2015 ini menyampaikan bahwa pemimpin harus dapat mengambil keputusan yang paling tepat.

Koordinator Wilayah Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) wilayah Sumatera I, Eka Cahaya Apriyani, merperkenalkan dan pentingnya mengikuti organisasi. Selanjutnya ataf ahli Professional Development ISMAFARSI Sumatera I, Muhammad Hafas Haikal memaparkan materi tentang International Pharmaceutical Student Federation (IPSF). IPSF merupakan organisasi internasional yang menaungi organisasi mahasiswa farmasi di seluruh dunia.

Staf ahli Pharmaceutical Science and Education ISMAFARSI, Fandy Pradana menyampaikan tentang Berkala Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (BIMFI) dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (PIMFI). Selain itu, dipaparkan pula teknik persidangan oleh Muhammad Rayyan Syahputra. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi sidang yang bertujuan untuk melatih keberanian mahasiswa mengungkapkan pendapat dalam suatu forum dan memahami teknik persidangan dengan baik.

Acara ini turut dimeriahkan dengan penobatan Raja dan Ratu LKMMF I Unsyiah 2017 di akhir rangkaian kegiatan. Raja dinobatkan kepada Auzan Al Kautsar dan Ratu dinobatkan kepada Adelia Nurfany. []

Editor: Maisyarah Rita

Comments

comments