Beranda Siaran Pers Himasta Unsyiah Gelar Statistics Explore 2020 di Masa Pandemi

Himasta Unsyiah Gelar Statistics Explore 2020 di Masa Pandemi

BERBAGI
Seminar Internasional dengan mengusung tema “The Global Impact of Coronavirus: A Socioeconomic Perspective with Data.” (doc. panitia)
loading...

Siaran Pers | DETaK

Darussalam- Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) Unsyiah kembali selenggarakan Stat Explore 2020 dengan tema “Big Data: The Source of Development”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom karena adanya pandemi Covid-19. Adapun untuk tahun ini, kegiatan Stat Explore terdiri dari lima kegiatan utama, yaitu seminar internasional, seminar nasional, lomba desain infografis, Data Science Competetion (DSC), dan pelatihan software yang berlangsung selama dua hari pada Senin dan Selasa, 28-29 September 2020.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Syiah Kuala dan juga dihadiri oleh Zainal Arifin Lubis, Pimpinan Bank Indonesia Cabang Provinsi Aceh. Dalam kata sambutannya, Zainal menyampaikan apresiasinya terhadap kreativitas mahasiswa jurusan Statistika dan berharap agar kegiatan ini dapat terus diadakan pada tahun-tahun berikutnya. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini patut didukung sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Ia juga berharap kedepannya mahasiswa jurusan Statistika dapat menjadi orang-orang yang terampil pada bidangnya, mempunyai visi-misi serta kemampuan analisis yang kuat mengingat betapa pentingnya ilmu statistika di berbagai bidang kehidupan.

Ketua panitia kegiatan, Muhammad Farhan Perwira Nasution, mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 2.106 orang peserta. Adapun tujuan diadakan kembali kegiatan Stat Explore tahun ini untuk menjadikan generasi milenial agar dapat memanfaatkan peranan dari big data secara optimal guna menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0.

Dalam kegiatan ini, cabang perlombaan seperti DSC dan Desain Infografis diselenggarakan untuk tingkat nasional. Cabang lomba DSC diperuntukkan bagi siswa SMA/MA sederajat di seluruh Indonesia yang diikuti oleh 32 tim yang masing-masing tim terdiri dari dua orang siswa. Sementara itu, untuk lomba desain infografis ditujukan untuk mahasiswa aktif dari PTN/PTS/PTK di seluruh Indonesia.

Acara ini ditutup pada Selasa sore, 29 September 2020 oleh Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah, Dr. rer. nat. Ilham Maulana, S.Si. Dalam penutupan ini, diumumkan pula pemenang lomba DSC dan desain infografis. Untuk cabang desain infografis, juara 1 diraih oleh peserta dari ITS (Era Ardhya Pramesti dan Hikmatul Islamiyah), juara 2 dimenangkan peserta dari Politeknik Statistika STIS (Muhamad Bagus Adji Briliyanto dan Aprilia Lutviana Dewi), juara 3 dimenangkan oleh peserta dari ITS (Vanda Fitriyanah dan Fahrila Annasiyah), dan juara favorit diraih oleh peserta dari Universitas Sebelas Maret (Faradilla Ardiyani dan Rizka Akmalia). Sedangkan untuk cabang lomba DSC, juara 1 diraih oleh SMAN Unggul Aceh Selatan (Waisul Qarani dan Rizki Mulia), juara 2 dimenangkan oleh MAN 1 Aceh Barat (Siti Arafah Carolina dan Nursyifa Aulia), dan juara 3 dimenangkan oleh SMAN Modal Bangsa (Dinar Fawwaz dan Miftahul Chosyi). []

Editor: Nurul Hasanah