Beranda Siaran Pers HealthyPets, Aplikasi Catat Data Rekam Medik Klinik Hewan dari PKM-T Unsyiah

HealthyPets, Aplikasi Catat Data Rekam Medik Klinik Hewan dari PKM-T Unsyiah

BERBAGI
(Dok. Panitia)

Siaran Pers | DETaK

Darussalam – Empat mahasiswa jurusan Informatika dan seorang mahasiswa jurusan Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi (PKM-T) menciptakan suatu aplikasi untuk melakukan pencatatan/perekaman data hasil pemeriksaan klinik hewan yang bernama HealthyPets. Tim yang diketuai Aga Maulana (Informatika) ini beranggotakan Mardiana Safutri (Informatika), Steven Liunardi (Informatika), Shinta Keumala Sari (Informatika), Dafik Iksan (Informatika), dan Andy (Kedokteran Hewan) dengan Rahmad Dawood sebagai Dosen Pembimbing.

Melihat perkembangan minat masyarakat terhadap hewan peliharaan, aplikasi mobile web ini dimaksudkan untuk membantu para peternak dalam memantau kesehatan ternaknya dan membantu proses pengobatan hewan ternak dengan metode Home Calling, yaitu mendatangkan dokter hewan ke tempat untuk melakukan proses pengobatan.

Halaman Beranda HealthyPets (Dok. Pribadi)

 

Ide pembuatan aplikasi ini didapatkan ketika teman dari salah satu anggota membawa berobat hewannya. Saat itu, ia melihat pencatatan yang dilakukan di salah satu klinik hewan di Banda Aceh masih menggunakan media konvensional (kertas), sehingga data tersebut bisa sewaktu-waktu hilang ataupun rusak.

“Karena itu, kami berinisiatif membuat aplikasi yang mampu melakukan pencatatan data hasil rekam medik, mencatat data hasil lab, serta data hasil anamnesia. Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan sebagai kartu berobat untuk pemilik hewan,” jelas Aga Maulana.

Ia berharap HealthyPets nantinya dapat digunakan oleh semua klinik hewan yang ada di kawasan Aceh untuk membantu memaksimalkan kinerja dari klinik hewan.

“Kami mencetuskan HealthyPets sebagai salah satu wadah untuk memabantu klinik hewan dalam penangganan rekam medik. Kami melihat  perkembangan jumlah klinik hewan dan pemilik hewan, khususnya di wilayah Aceh semakin meningkat selama beberapa tahun ini, otomatis kinerja dari dokter hewan dan klinik hewannya dituntut untuk maksimal. Melihat dari perihal diatas, kami berharap aplikasi HealthyPets ini dapat membantu kinerja dari dokter hewan,” ungkapnya.

Aga mengatakan bahwa perkembangan teknologi informasi saat ini terus berkembang dan sebagai generasi muda harus berpikir kedepan dengan menciptakan suatu inovasi terapan yang dapat membantu pekerjaan manusia di kemudian hari.[]

Editor: Fazrina Nabillah

Comments

comments