Beranda Siaran Pers Edukasi Pola Asuh Anak Usia Dini Bagi Pasangan Muda di Desa Blang...

Edukasi Pola Asuh Anak Usia Dini Bagi Pasangan Muda di Desa Blang Krueng

BERBAGI
(Dok. Pribadi)

Siaran Pers | DETaK

Darussalam – Tim Mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang terdiri dari lima orang mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG-AUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu berupa pemberian layanan edukasi pola asuh anak usia dini bagi pasangan muda di Desa Blang Krueng, Kec. Baitussalam, Kab. Aceh Besar pada hari Rabu, 4 Juli 2018.

Tim ini diketuai oleh Suhaila dan beranggotakan Harsila Taniara, Intan Widya Putri, Siti Rahmaniah Putri, dan Windy Marsella, serta Yuhasriati selaku dosen pembimbing.

(Dok. Pribadi)

Melihat maraknya pernikahan muda, Harsila Tania dan rekan satu timnya mencetuskan kegiatan edukasi ini.

“Ide awal tercetusnya kegiatan ini adalah karena maraknya kasus pernikahan muda di sekitar kita dan dikhawatirkan bagi mereka yang memilih menjadi orang tua di usia muda tersebut memiliki pengetahuan yang minim dalam pengasuhan anak serta masih jauhnya sikap kedewasaan dalam berpikir dan bertindak ketika adanya masalah di dalam keluarga. Hal yang demikian ini dikhawatirkan akan berdampak pada upaya mereka dalam mendidik dan mengurus anak, sehingga aspek pertumbuhan dan perkembangan anak tidak berkembang secara optimal. Padahal seharusnya pada usia dini (0-6 tahun) inilah pemberian stimulasi aspek tumbuh kembang sangat penting dilakukan oleh orang tua,” jelasnya.

Kegiatan ini juga memperoleh apresiasi berupa bantuan dana pelaksanaan kegiatan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan pemahaman orang tua mengenai pola pengasuhan anak usia dini menjadi lebih baik sehingga kualitas peran para orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak pun meningkat.

Editor: Fazrina Nabillah