Beranda Siaran Pers Bank Indonesia Latih Peliputan Ekonomi

Bank Indonesia Latih Peliputan Ekonomi

BERBAGI
(Foto: surya.co.id)
loading...

Siaran Pers

(Foto: surya.co.id)

Banda Aceh – Bank Indonesia Aceh bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh, menggelar pelatihan sehari, tentang peliputan ekonomi, Rabu (28/3/2012). Acara dilaksanakan di The Pade Hotel, Aceh Besar.

Misdarul Ihsan, Sekretaris AJI Kota Banda Aceh, menyatakan dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan wartawan dalam meliput isu-isu terkait ekonomi dan perbankan.

Seratusan peserta baik dari kalangan jurnalis, pers kampus, dan masyarakat sipil yang diwakili sejumlah LSM, menjadi peserta dalam pelatihan ini.

Tiga narasumber yang dihadirkan sebagai pemateri adalah Direktorat Riset dan Kebijakan Moneter BI, M. Noor Nugroho, Pemimpin Umum Jurnal Nasional Syamsuddin Ch. Haesy, dan Difi A Johansyah, Kepala Biro Humas Bank Indonesia Pusat.

Deputi Pimpinan Bank Indonesia Banda Aceh, Joni Martius, mengatakan, ekonomi menjadi awal kegiatan sehari-hari. Jika dipandang secar luas, maka ekonomi masuk dalam segala aspek. “Kita berharap, isu-isu ekonomi bisa terpublikasikan dengan baik kepada masyarakat,” kata Joni Martius sesaat sebelum membuka pelatihan.

Sementara itu Ketua AJI Banda Aceh, Maimun Saleh, mengatakan, isu-isu ekonomi sudah mendapat porsi peliputan yang cukup di media massa terbitan Aceh. Namun laporan ekonomi masih belum kaya informasi.

“Kita jurnalis sibuk meliput konflik, politik, olah raha dan bencana. Itu menjadi salah satu alasan, kenapa jurnalis di Aceh belum menitik beratkan peliputannya pada isu ekonomi,” kata Maimun.

Maimun juga menegaskan bahwa AJI Banda Aceh tetap berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas bagi jurnalis. Pelatihan meliput berita ekonomi ini merupakan bentuk upaya AJI dalam memberikan pemahaman dan menambah pengetahuan jurnalis terhadap isu-isu yang belum terlalu menarik dilirik media.[]