Beranda Siaran Pers 3 Pemuda Wakili Aceh Pada Kapal Pemuda Nusantara 2016

3 Pemuda Wakili Aceh Pada Kapal Pemuda Nusantara 2016

BERBAGI
Kiri ke kanan: Muhajiburrahman, Maulidiya Izzati, dan Ichwan (Sumber: Dokumentasi Pribadi Rian Akhyar)

Siaran Pers | DETaK

Banda Aceh – Setelah melewati beberapa tahapan seleksi yang cukup ketat, 3 mahasiswa yang berasal dari program studi (prodi) Ekonomi Pembangunan, Teknologi Hasil Pertanian, dan Teknik Industri, yaitu Muhajiburrahman, Maulidiya Izzati, dan Ichwan terpilih mewakili Aceh dalam kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) atau dikenal juga dengan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Karimata 2016.

KPN merupakan salah satu program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementrian Kelautan dan Perikanan yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut dalam upaya menanamkan nilai-nilai dunia bahari yang potensial jika diberdayakan lebih optimal dan serius.

Iklan Souvenir DETaK

Pemuda pemudi yang lolos seleksi program KPN dari masing- masing Provinsi di seluruh Indonesia serta perwakilan pemuda dari negara se-ASEAN akan bergabung untuk berlayar mengarungi samudra dengan menggunakan kapal perang dan melakukan sejumlah kegiatan di beberapa tempat yang disinggahi.

“Kegiatan ini luar biasa bagi saya, jiwa nasionalisme kita sebagai pemuda Indonesia akan dibuktikan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membuat kita sadar betapa kecilnya kita sebagai makhluk ciptaan-Nya, dan betapa luas kebesaran-Nya,” ucap perempuan yang akrab disapa Molly.

Kegiatan Sail Indonesia sendiri telah berlangsung beberapa kali sejak tahun 2009, yaitu Sail Bunaken tahun 2009, Sail Banda tahun 2010, Sail Wakatobi-Belitong tahun 2011, Sail Morotai tahun 2012, Sail Komodo tahun 2013, Sail Raja Ampat tahun 2014, Sail Tomini tahun 2015, dan Sail Karimata pada tahun 2016 ini.

Adapun rute untuk sail tahun ini akan dimulai dari Jakarta-Belinyu-Dabo Singkep Pulau Bintan-Tarempa-Pulau Laut (pulau terluar)-Pulau Serasan-Pontianak-Karimata Kayong dan akan kembali ke Jakarta. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari ini akan dimulai pada September-Oktober 2016 mendatang.

“Senang sekali bisa menjadi perwakilan Aceh dan punya kesempatan untuk belajar mengenai potensi kelautan dan bertemu dengan seluruh pemuda dari 34 provinsi lainnya,” ungkap Ichwan.

Kegiatan yang akan mereka lakukan di kapal meliputi diskusi, kegiatan kelompok, olahraga, homestay di rumah keluarga angkat, kegiatan kemasyarakatan, pagelaran seni budaya, dan masih banyak kegiatan lainnya.

“Bangga sekali rasanya dapat menjadi bagian dalam kegiatan ini, semoga perjalanan kami nanti dapat memberikan konstribusi positif setelah pulang dari kegiatan Sail Karimata ini,” tutur muha.

Ketiga pemuda Aceh tersebut mengungkapkan bahwa mereka sangat ingin mengenalkan Aceh kepada daerah lain dan berharap dengan dapat kembali dengan ilmu baru yang akan dibagikan di bumi Serambi Mekah.Untuk mengetahui seperti apa perjalanan mereka mengelilingi Indonesia dapat dilihat di akun instagram @ayokelaut.[]

Editor: Eureka Shittanadi