Beranda Lensa Kemah Jurnalistik 2019 di Air Terjun Suhom

[Lensa] Kemah Jurnalistik 2019 di Air Terjun Suhom

BERBAGI
Tampak sinar matahari mulai menyapa dan memberi pesona tersendiri di kawasan objek wisata air terjun Suhom. 29/12/19 (Nada Ariqah/DETaK)

Nada Ariqah | DETaK

Aceh Besar– Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) di sejumlah kota di Aceh mengikuti Kemah Jurnalistik 2019 yang berlokasi di objek wisata air terjun Suhom di desa Krueng Kala, Lhoong Aceh Besar, pada hari Sabtu dan Minggu, 28-29 Desember 2019. Kegiatan ini diinisiasi oleh Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Aceh.

Ini adalah kali ketiga FJL dan IJTI mewadahi mahasiswa yang bergabung dalam pers kampus untuk belajar dan mengenal jurnalisme lingkungan. Tak sekedar teori, para peserta dituntut untuk terjun langsung meliput isu lingkungan di lokasi perkemahan, air terjun Suhom.

Berikut sejumlah Foto yang berhasil diabadikan oleh wartawan DETaK Unsyiah selama berada di lokasi kemah Jurnalistik 2019.

Belasan tenda telah dipasang oleh peserta dan panitia setiba di lokasi kegiatan pada Sabtu sore. 28/12/19 (Sri Elmanita/DETaK)
Salah satu pemateri Kemah Jurnalistik 2019, Fendra Trishany sedang memberikan materi khusus mengenai jurnalisme lingkungan kepada peserta kegiatan mengenai. 28/12/19 (Nada Ariqah/DETaK)
Pos penjagaan mesin microhydro yang merupakan mesin pengelola Listrik Tenaga Air yang berasal dari air terjun Suhom tampak masih menyala di pagi hari. 29/12/19 (Nada Ariqah/DETaK)
Pesona kesejukan air terjun Suhom di pagi hari. Selain menjadi sarana ekowisata, air terjun yang menghasilkan debit yang cukup deras ini juga dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk menghasilkan energi listrik bagi masyarkat desa Tunong Krueng Kala, Aceh Besar. 29/12/19 (Nada Ariqah/DETaK)
Tangga setapak menuju pos tempat mesin penggerak listrik tenaga air. (Nada Ariqah/DETaK)
Seorang peserta Kemah Jurnalistik terlihat sedang memperhatikan petugas penjaga mesin yang sedang mengoperasikan dan mengecek sistem dari mesin turbin pembangkit listrik microhydro dari balik jendela. 29/12/19 (Nada Ariqah/DETaK)
Peserta Kemah Jurnalistik 2019 berfoto bersama salah satu pemateri, Afifuddin Ical, usai penutupan kegiatan Kemah Jurnalistik 2019. (Dok. Peserta)
Warga desa Tunong Krueng Kala sedang berbincang bersama Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali. Setelah sebelumnya Bupati menutup kegiatan Kemah Jurnalistik dan melakukan aksi tanam pohon bersama peserta Kemah Jurnalistik 2019. 29/12/19 (Nada Ariqah/DETaK)

Editor : Missanur Refasesa