Beranda Koetaradja Inilah Tips Mudik dengan Kendaraan Roda Dua

Inilah Tips Mudik dengan Kendaraan Roda Dua

BERBAGI

Banda Aceh – Anda ingin mudik ke kampung halaman? Berikut tips agar mudik aman dan nyaman!

1.Bawalah motor anda ke bengkel yang terpercaya sebab tidak sedikit bengkel “nakal” yang memanfaatkan moment mudik ini untuk memperoleh keuntungan yang sebanyak-banyaknya.    Adapun yang pmeriksaan kondisi kendaraan meliputi:

– Cek kondisi mesin dan oli. Apakah sudah siap jalan atau belum

– Periksa kelayakan rem depan dan belakang.

– Periksa kelayakan lampu utama, lampu petunjuk, dan lampu isyarat .

– Periksa kelayakan roda belakang dan depan. Bila sudah tipis segera di ganti.

– Siapkan jas hujan. Usahakan jas hujan celana dan baju, bukan jas hujan model ponco. Sebab tipe ini rawan tersangkut kendaraan samping.

2. Sebelum kendaraan,persiapkan juga kesehatan anda semaksimal mungkin jangan sekali kali mudik dengan kondisi tidak fit. Jika memang harus terpaksa mudik lebih baik anda menggunakan bus atau kereta saja

3. Pastikan Surat surat kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM) masa berlakunya masih lama. Bila masa berlakunya habis akan membuat konsentrasi pengendara terpecah.

4. Berdoalah sebelum berangkat, karena berdoa adalah suatu yang sangat berharga bagi ketentraman hati kita dijalan.

5. Jangan lupa pakai baju dan jaket yang nyaman. Jangan kenakan jaket yang sempit atau terlalu longgar.

6. Jangan membawa barang berlebihan, dan meletakkan barang dekat dengan stang strir, karena akan mempengaruhi manuver kendaraan.

7. Bila mengendarai saat puasa, atur ritme perjalanan. Bila kondisi panas dan lelah jangan ragu istirahat.

8. Isi bensin kembali di SPBU terdekat saat penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan.

9. Buat perjalanan mudik Anda sebagai perjalanan rekreasi yang menyenangkan, sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks.

10. Bawalah peta jika diperlukan.

Semoga dengan membaca dan mengikuti saran berupa tips seputar mudik lebaran ini dapat bermanfaat untuk Anda, dan perjalanan anda selamat sampai tujuan hingga akhirnya anda bisa merayakan Idul Adha bersama keluarga besar di kampung halaman tercinta. Selamat hari raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin.[]

Sumber: jogja.tribunnews.com