Beranda Headline Verifikasi SNMPTN: 386 Orang Gagal Jadi Mahasiswa Unsyiah

Verifikasi SNMPTN: 386 Orang Gagal Jadi Mahasiswa Unsyiah

BERBAGI
Tugu Universitas Syiah Kuala. (Riska Iwantoni/DETaK)

Siaran Pers | DETaK

Tugu Universitas Syiah Kuala. (Riska Iwantoni/DETaK)
Tugu Universitas Syiah Kuala. (Riska Iwantoni/DETaK)

Darussalam – Sebanyak 386 orang lulusan SMA/MA/SMK yang sebelumnya telah dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2015, dinyatakan gagal menjadi mahasiswa Unsyiah. Penegasan ini dikeluarkan Unsyiah pada Kamis, 28 Mei 2015 lalu.

Keterangan rilis yang diterima detak-unsyiah.com dari Kepala Humas Unsyiah, Ilham Maulana, mengatakan sebelumnya, sebanyak 2.350 orang mahasiswa Unsyiah dinyatakan lulus SNMPTN, namun hanya 1.964 orang yang dinyatakan berhasil lulus proses verifikasi rapor dan dokumen lainnya yang mereka upload online.

Sementara itu, di antara yang gagal menjadi mahasiswa Unsyiah tersebut, terdapat mereka yang memang tidak datang atau tidak menyerahkan dokumen asli saat verifikasi yang dilakukan seminggu yang lalu. Selain itu, sejumlah peserta digugurkan status mereka sebagai calon mahasiswa karena dianggap bermasalah dengan dokumen yang telah ditentukan.

Sebelumnya, sebanyak 466 orang calon mahasiswa Unsyiah tidak tercantum namanya dalam pengumuman verifikasi tahap pertama. Beberapa diantara mereka ditemukan kejanggalan pada dokumen yang mereka serahkan. Namun kepala sekolah tempat para siswa ini berasal diberi kesempatan untuk datang ke Unsyiah dan mengklarifikasi berbagai kejanggalan yang ditemukan oleh tim verifikasi tersebut.

Verifikasi juga akan dilakukan terhadap pelamar beasiswa Bidikmisi. Verifikasi Bidikmisi ini dilakukan untuk memastikan kelayakan mahasiswa tersebut untuk memperoleh beasiswa. Untuk saat ini, jumlah pelamar beasiswa tersebut yang dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN sebanyak 706 orang. Jumlah ini bisa berkurang setelah dilaksanakannya verifikasi Bidikmisi nanti. Informasi lengkap tentang jadwal verifikasi beasiswa Bidikmisi serta pendaftaran ulang dapat dipantau melalui laman www.unsyiah.ac.id.

Selain jalur SNMPTN, Unsyiah juga akan menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pendaftaran jalur ini baru saja ditutup Jumat (29/5) kemarin.

Jumlah total pendaftar jalur ini di Panitia Lokal Unsyiah sebanyak 14.813 orang. Sebanyak 4.565 orang di antara mereka adalah pemilih Saintek (IPA), dan 3.656 orang pemilih Soshum (IPS). Sisanya, sebanyak 6.592 orang adalah pendaftar campuran. Sebanyak 2.009 orang di antara pendaftar tersebut adalah pelamar beasiswa Bidikmisi. Ujian tulis jalur SBMPTN ini akan dilaksanakan pada Selasa (9/6) nanti. Sementara pengumuman kelulusan akan dilakukan sebulan kemudian.[]

Editor: Riska Iwantoni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here