Beranda Headline Unsyiah Wisudakan 1.527 Sarjana Baru

Unsyiah Wisudakan 1.527 Sarjana Baru

BERBAGI
loading...

Cut Lusi Chairun Nisak | DETaK

Darusslam – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mewisudakan 721 lulusan dari berbagai fakultas di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Kamis (10/5/2012). Sedangkan untuk 806 lulusan lainnya akan diwisudakan pada sabtu mendatang.

 
Pejabat Rektor Unsyiah, Samsul Rizal mengatakan, berdasarkan jumlah lulusan yang telah dihasilkan, maka peran Unsyiah dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang berpendidikan tinggi pantas disyukuri dan dibanggakan. “Lulusan Unsyiah Jangan Jadi Pengangguran Intelektual” ujar Samsul.

loading...

 
Wisudawan yang dilepas periode Februari-April tersebut terdiri dari 290 mahasiswa lulusan S1 (Strata 1), 244 lulusan pascasarjana (S2), 187 lulusan pendidikan profesi, 51 lulusan pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan, 62 lulusan Fakultas Hukum, 336 lulusan Fakultas Kedokteran, 23 lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan lima lulusan Koordinatorat Kelautan dan Perikanan dan 30 wisudawan dinyatakan lulus dengan peringkat pujian atau cum laude. Mereka terdiri dari 13 lulusan Pascasarjana serta 17 lulusan S1.

 
Samsul juga menjelaskan dengan melepaskan 1.527 wisudawan baru periode ini, maka sampai saat ini Unsyiah telah menghasilkan 58.714 lulusan Sarjana/Profesi/Pascasarjana dalam berbagai disiplin ilmu. “Hal ini belum termasuk lulusan Program Diploma yang hari ini juga akan dilepaskan sebanyak 163 orang,” ujar Samsul.

 
Bahkan ke depan jumlah lulusan yang akan dihasilkan universitas ini semakin bertambah karena ada penambahan beberapa program studi baru yang tahun lalu dan tahun ini dimulai penerimaan mahasiswa angkatan pertama.

 
Samsul berharap lulusan Unsyiah dapat terus belajar, mengasah ketajaman berpikir dan bertindak, meningkatan keterampilan, dan menambah pengetahuan kontemporer yang dibutuhkan sehingga dapat bekerja mendiri yang berwawasan global.

 
Ia juga menghimbau agar para sarjana nantinya dapat menggunakan ilmu yang telah diperoleh untuk kepentingan bangsa, negara dan agama. “Di atas segala-galanya, keberhasilan saudara juga atas ridha Allah SWt, karena itu Saudara harus lebih meningkatkan ketaqwaan sebagai wujud rasa syukur kepada-Nya”tutupnya. []