Beranda Headline Unsyiah Menuju Universitas Kelas Dunia pada Tahun 2024

Unsyiah Menuju Universitas Kelas Dunia pada Tahun 2024

BERBAGI
Marwan saat ditemui di ruang kerjanya. 18/04/19 (Tim DETaK)

Rinatul Mauzirah | DETaK

Darussalam- Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mencanangkan sebagai World Class University (WCU), yakni status kesejajaran persaingan dengan universitas di seluruh dunia. Berkaitan dengan hal itu, Unsyiah merujuk pada pemeringkatan QS World University Rangkings yang merupakan sistem pemeringkatan tersendiri berdasarkan parameter lembaga tersebut. Unsyiah bertekad berada dalam 1000 besar pemeringkatan tersebut pada tahun 2024.

Marwan selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik mengatakan bahwa strategi untuk menuju WCU di antaranya internalisasi sebagai kunci dan peningkatan mutu Unsyiah, pengembangan infrastruktur, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) baik dosen maupun staf lainnya, sehingga mahasiswa berkesempatan untuk berinteraksi dengan akademisi luar negeri.

“Berbicara tentang World Class University, strategi ke sana tentunya dari segi infrastruktur kita mempunyai kesempatan untuk memperluas kampus dengan fasilitas lebih baik dan membangun rumah sakit pendidikan, dan juga dari segi SDM dosen. Kita juga mengusahakan secara terus-menerus untuk melanjutkan studi ke luar negeri, juga mahasiswa berkesempatan mengikuti program pertukaran mahasiswa,” sampainya.

Poin penting lainnya dalam penilaian WCU adalah lulusan kerja mahasiswa dan bagaimana peningkatan kualitas serta kuantitas kegiatan mahasiswa, juga prospek mahasiswa untuk berkarier setelah lulus. Dengan demikian, mahasiswa harus meningkatkan kualitas pembelajaran, dan harus mendalami pengetahuan isu-isu 4.0 serta meningkatkan model-model pembelajaran. Juga lulusan harus mempunyai sertifikasi kompetensi sehingga bisa mempunyai kesempatan yang sama dengan lulusan luar negeri. Salah satu program kerja Unsyiah adalah matang kerja, yaitu mahasiswa tahun terakhir yang mengikuti magang selama 6 bulan.

Beberapa parameter menuju WCU sudah tercapai meskipun belum diperkirakan seberapa besar persentasenya. Seperti Webometrics, di mana secara nasional Unsyiah menduduki posisi kesembilan dan posisi lima puluh besar se-ASEAN.

Motivasi terbesar untuk menuju Unsyiah World Class University adalah agar mahasiswa mempunyai kesempatan kerja dan berkarya lebih baik, mahasiswa Unsyiah juga diharapkan mempunyai sikap entrepreneur.

“Untuk mahasiswa, alumni, punya kesempatan kerja dan berkarya lebih baik, kita harap juga mahasiswa punya sikap entrepreneur. Sikap entrepreneur bukan berarti pengusaha, namun juga bekerja di pemerintahan dan swasta juga dengan sikap entrepreneur“, jelas Marwan kepada Tim detak-unsyiah.com. []

Editor: Herry A.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here