Beranda Headline Unsyiah dan UIN Ar–Raniry Berkolaborasi Sambut Ramadhan 1436 H

Unsyiah dan UIN Ar–Raniry Berkolaborasi Sambut Ramadhan 1436 H

BERBAGI
Peserta pawai sedang mengitari jalanan Darussalam, Banda Aceh menyambut bulan suci ramadhan. (Riska Iwantoni/DETaK)
loading...

Achmad Julio | DETaK

Peserta pawai sedang mengitari jalanan Darussalam, Banda Aceh menyambut bulan suci ramadhan. (Riska Iwantoni/DETaK)
Peserta pawai sedang mengitari jalanan Darussalam, Banda Aceh menyambut bulan suci ramadhan. (Riska Iwantoni/DETaK)

Darussalam – Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1436 H/2015 M. Seluruh civitas akademika Universitas Syiah Kuala dan UIN Ar–Raniry, Banda Aceh berkolaborasi mengadakan tarhib dan pawai ramadhan di wilayah Kopelma Darussalam, Minggu sore, 14 Mei 2015.

“Kegiatan ini sebenarnya sebagai langkah untuk menyatukan kembali antara dua Universitas terbesar di Aceh (Unsyiah dan UIN Ar–Raniry) dalam berbagai kegiatan, sehingga dapat mewujudkan Darussalam sebagai Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma),” Kata Alfiansyah Yulianur, Pembantu Rektor III Unsyiah  kepada detak-unsyiah.com usai pawai berlangsung.

Kegiatan dimulai dengan sholat ashar berjamaah di Masjid Jamik Unsyiah, kemudian dilanjutkan dengan tarhib ramadhan yang disampaikan oleh Drs. Tgk Tarmizi Dahmi, selanjutnya kegiatan puncak yaitu pawai ramadhan yang diikuti oleh civitas akademika Unsyiah dan UIN Ar–raniry, pawai dimulai dari Masjid Jamik dengan berjalan kaki mengitari jalanan Darussalam sembari membagikan selebaran jadwal imsakiyah kepada masyarakat dan kembali lagi ke Masjid Jamik. Pawai ini juga bertujuan untuk menyemarakkan dalam menyambut bulanramadhan yang tidak lama lagi umat muslim akan menjalakannya.

“Kegiatan seperti ini sangat baik untuk diapresiasi karena merupakan sebuah syiar dan menciptakan sinergisitas yang baik diantara kedua Universitas tersebut yang berdampak baik bagi mahasiswa dalam meningkatkan sosioreligi di dalam individual mahasiswa.” Kata Syamsul Rijal, yang merupakan Wakil Rektor III UIN Ar–Raniry.

Lanjutnya, ia mengharapkan kedepan kegiatan seperti ini dengan tujuan untuk menciptakan sinergisitas diantara kedua Universitas ini akan terus diadakan. “Untuk dosen–dosen dan mahasiswa agar lebih ramai dan peduli dalam kegiatan serupa kedepannya,” tambah Syamsul.

Ruslan, salah seorang mahasiswa UIN Ar–Raniry yang juga merupakan peserta pawai mengatakan kegiatan tersebut dapat membentuk karakter kedua Universitas.

“Acara seperti ini sangat luar biasa, ini akan dapat membentuk ukhuwah islamiyah antara Unsyiah dan UIN Ar-Raniry,” jelas Ruslan.

Di tempat berbeda mahasiswa Unsyiah juga turut berkomendat dan memberikan tanggapannya tentang kali pertama kolaborasi pawai ini.

“Acara seperti ini kedepannya kita harapkan akan terus ada, dan menyemangati kita akan atas datangnya bulan ramadhan,” kata Muhammad Rian yang turut serta dalam pawai ramadhan tersebut.[]

Editor: Riska Iwantoni