Beranda Headline Unsyiah Buka Pendaftaran Calon Rektor Baru

Unsyiah Buka Pendaftaran Calon Rektor Baru

BERBAGI

Logo-Unsyiah

Annisa Patmarinanta [AM] | DETaK

Darussalam – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali membuka peluang pendaftaran untuk pencalonan rektor baru. Hal tersebut dilakukan sehubungan dengan akan berakhirnya masa jabatan Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M. Eng pada 23 November mendatang. Pendaftaran calon sudah dibuka sejak 30 Mei lalu, dan akan ditutup pada 14 Juni 2013 mendatang.

Ketua panitia pemilihan Rektor Unsyiah, Abubakar Hamzah dalam surat pemberitahuannya melalui laman resmi Unsyiah mengatakan, sesuai dengan Permendikbud no. 33 tahun 2012 terdapat tiga tahapan dalam proses pemilihan rektor. “terdapat tiga tahapan dalam proses pemilihan rektor yang pertama tahap penjaringan, kedua tahapan penyaringan, dan yang terakhir tahap pemilihan,” terangnya.

Abubakar juga menjelaskan kriteria calon Rektor Unsyiah. Menurutnya, para calon tersebut harus memenuhi persyaratan antara lain, berpendidikan S3, umur maksimum 60 tahun pada 23 November 2013, fungsional minimal rector kepala, dan berpengalaman minimal ketua jurusan sekurang – kurangnya dua tahun.

“Dalam tahap penyaringan, di antara bakal calon yang sudah ditetapkan melalui penjaringan, akan dipilih 3 besar calon yang memperoleh suara terbanyak untuk dibawa ke rapat senat pemilihan. Menteri atau Kuasa Menteri turut hadir dalam rapat tersebut dan ikut memberikan suara.” Jelasnya.

Abubakar hamzah juga menambahkan tahap penjaringan dan penyaringan akan dilakukan pada tanggal 20 Juni 2013 dan pemilihan rektor paling lambat akan dilaksanakan pada 23 Agustus 2013. “Jadwal tersebut masih harus disesuaikan dengan jadwal kehadiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Kuasa Menteri,” paparnya.[]

Comments

comments