Beranda Headline Uji Coba di Tiga Fakultas, Absensi Online Mahasiswa Akan Diberlakukan pada Semester...

Uji Coba di Tiga Fakultas, Absensi Online Mahasiswa Akan Diberlakukan pada Semester Mendatang

BERBAGI
Kepala UPT TIK Unsyiah saat diwawancarai. (Nisa Mardhatillah/DETaK, 07/02/19)

Missanur Refasesa | DETaK

Darussalam – Tiga fakultas di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sudah mulai menggunakan sistem presensi berbasis daring (online) sebagai bukti kehadiran mahasiswa sejak awal semester genap, Senin, 4 Februari 2019.

Uji coba yang ditawarkan Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) disambut oleh tiga fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Kedokteran (FK) setelah sebelumya diberikan pengumuman dan dibicarakan dengan masing-masing Dekan Fakultas.

Kepala UPT TIK Unsyiah, Nazaruddin, mengatakan bahwa hingga saat ini penggunaan presensi daring masih menggunakan Web Base dengan sistem sign in-sign out. Nazaruddin mengakui bahwa masih banyak kendala yang ditemui pada sistem ini seperti pengaturan jadwal dan ruangan dengan kode yang sesuai.

“Kalau sudah oke dan tidak ada masalah lagi, maka akan kita berlakukan ke semua fakultas,” ungkapnya perihal masa uji coba yang akan digunakan selama semester genap berlangsung.

Selama uji coba berlangsung pihak UPT TIK akan terus menguji keoptimalan Web Base, Finger Print, dan juga kode QR untuk selanjutnya akan digunakan secara menyeluruh pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 mendatang.

“Nantinya kita akan tes kembali mana yang lebih optimal, kode QR yang digunakan akan bersifat dinamik sehingga tidak mungkin dicurangi,” jelasnya perihal kemungkinan Titip Absen (TA) yang lumrah terjadi di kalangan mahasiswa.

Saat ini, tujuan sistem ini difokuskan pada kedisiplinan dosen pengajar dengan presentase 20% mahasiswa yang sign in ke halaman web tersebut.

“Absensi ini tujuannya untuk dosen dulu, kita record jam berapa dia masuk dan keluar. Untuk mahasiswa tidak diwajibkan semuanya sign in, sekitar 20% mahasiswa mengakses untuk membuktikan bahwa dosen tersebut hadir,” terangnya.

Terakhir ia menegaskan bahwa jika sistem sudah optimal maka pada semester ganjil presensi daring wajib digunakan oleh semua fakultas di Unsyiah. Adapun alamat situs webnya adalah http://simkuliah.unsyiah.ac.id/ yang masih belum tersedia bagi mahasiswa selain 3 fakultas tersebut. []

Editor: Herry Anugerah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here