Beranda Headline Tips Berburu Beasiswa

Tips Berburu Beasiswa

BERBAGI
loading...

Kekurangan biaya kadang kala menjadi hambatan utama dalam melanjutkan pendidikan. Masalah ini dapat diselesaikan dengan mencari beasiswa. Kepada adik-adik maba, identitas memberikan beberapa tips dalam berburu beasiswa.

Selamat Datang di Kampus Merah! Sapaan inilah yang paling tepat untuk menyambut adik-adik mahasiswa baru (maba). Tahun ini, sekira empat ribu maba patut berbangga hati, karena berhasil menyandang gelar “Mahasiswa Unhas.” Memasuki dunia kampus tentu menjadi sebuah pengalaman baru bagi adik-adik.

Selain dari segi sistem pendidikan dan kurikulum, salah satu yang membedakan antara pendidikan di bangku sekolah dan universitas adalah biaya yang lebih tinggi. Biaya ini bisa meliputi pengadaan referensi kuliah, biaya SPP per semester, dan biaya operasional lainnya. Apalagi bagi mahasiswa dari luar Makassar yang memilih tinggal sendiri atau indekost, tentu butuh biaya tambahan lagi.

loading...

Agar tidak pusing tujuh keliling memikirkan biaya kuliah. Salah satu usaha yang dapat adik-adik lakukan adalah mencari beasiswa. Di Unhas sendiri sangat banyak beasiswa yang dapat adik-adik peroleh, tinggal pilih jenisnya. Memang sih, beasiswa yang disediakan untuk mahasiswa lama jauh lebih banyak jenisnya daripada maba. Tapi tenang aja, karena setiap tahun Unhas menyediakan beasiswa yang dikhususkan untuk Maba.

Persyaratannya juga tidak terlalu rumit, cukup memperlihatkan foto copy rapor kelas 1 sampai kelas 3, foto copy ijasah serta foto copy hasil UN yang telah dilegalisir. Tapi, adik-adik jangan lupa untuk tetap berusaha mencari beasiswa lain. Nah, agar kalian tidak kebingungan bagaimana cara-cara memperoleh beasiswa, berikut tips dan triknya:

1. Cari Informasi
Tingkatkan intensitas dalam mencari informasi beasiswa. Tempat-tempat yang bisa dikunjungi untuk memperoleh informasi ini adalah Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Unhas yang terletak di Lantai I Perpustakaan Pusat, dan Pembantu Dekan III fakultas masing-masing. Mading Fakultas juga dapat menjadi sumber informasi yang jitu. Informasi beasiswa juga dapat kalian peroleh dari internet, misalnya dengan bertanya pada Mbah Google.

2. Lengkapi Persyaratan
Lengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas tersebut antara lain surat keterangan aktif kuliah, transkrip nilai, slip gaji orang tua atau surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, fotokopi kartu keluarga, pas photo dan dokumen lainnya. Khusus bagi mahasiswa yang daerah asalnya jauh dari Makassar, sebaiknya dokumen-dokumen tersebut disiapkan lebih awal. Jangan biarkan ada persyaratan yang ketinggalan. Kurang lengkapnya berkas akan berakibat sangat fatal.

3. Rajin Kuliah dan Perbaiki Nilai IPK
Ada beberapa beasiswa yang khusus ditujukan untuk mahasiswa berprestasi yang kurang mampu. Oleh karena itu, kalian harus rajin kuliah dan sebisa mungkin memperoleh nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi agar mampu bersaing dengan mahasiswa lainnya. Pada umumnya, syarat IPK minimal adalah 3,00. Jika nilai IPK-nya telah keluar, sebaiknya lekas mengurus transkip nilai untuk memudahkan jika pendaftaran beasiswa telah dibuka.

4. Perluas Jaringan
Jalinlah hubungan dengan semua sivitas akademika yang ada di Unhas. Jangan hanya bergaul dengan teman seangkatan. Bangunlah link dengan senior, dosen, dan pegawai. Informasi beasiswa dapat diperoleh dari mereka. Bahkan tidak menutup kemungkinan, suatu saat rekomendasi untuk menerima beasiswa berasal dari mereka.

5. Jujur
Terkadang ada mahasiswa yang mengisi formulir dengan informasi fiktif atau mengumpulkan dokumen palsu. Kalian harus ingat, ada sanksi yang diberikan jika terjadi kecurangan dan kebohongan. Sanksi tersebut antara lain pencabutan beasiswa dan pengembalian uang beasiswa yang telah diterima.

Nah, itulah beberapa tips berburu beasiswa dari identitas. Buat adik-adik yang berminat, jangan ragu untuk mencobanya. Karena beasiswa-beasiswa tersebut diperuntukkan bagi seluruh Mahasiswa Unhas tanpa terkecuali, termasuk kalian. Tapi, tentu saja kalian harus memenuhi kualifikasi yang ditentukan dan menyiapkan semua persyaratan yang diminta. Selamat mencoba!

sumber

BERBAGI