Beranda Headline Tarik Minat Mahasiswa, Perpustakaan Unsyiah Perbanyak Jumlah Maksimal Peminjaman Buku

Tarik Minat Mahasiswa, Perpustakaan Unsyiah Perbanyak Jumlah Maksimal Peminjaman Buku

BERBAGI
Foto: Ist

 Zikrina Munawarah | DETaK

Darussalam – Jumlah peminjaman buku yang diperbolehkan di perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) diperbanyak dari awalnya berjumlah lima buku menjadi tujuh buku dan mulali diberlakukan Sabtu, 1 April 2017.

Penambahan jumlah peminjaman buku ini diberlakukan bertujuan meningkatnya minat mahasiswa untuk berkunjung dan meminjam buku.

“Kami melihat jumlah kenaikan minat kunjungan mahasiswa ke perpustakaan besar. Pada tahun 2016 sekitar 400.000 pengunjung. Bahkan pengunjung perpustakaan Unsyiah lebih besar daripada pengunjung perpustakaan Universitas Gajah Mada (UGM). Oleh karena itulah, jumlah peminjam buku juga meningkat, yang awalnya sekitar 25.000 peminjaman dalam setahun terus meningkat menjadi 60.000 dan pada tahun 2016 sekitar 80.000 peminjaman,” ujar Taufiq Abdul Gani, Kepala UPT. Perpustakaan Unsyiah.

Dibandingkan jumlah  sebelumnya, mahasiswa atau pengunjung hanya diperbolehkan  meminjam lima buah buku, tiga buku diwaktu siang dan dua buku diwaktu malam. Kini  tujuh buah buku dan boleh dipinjam kapanpun.

“Jikalau dibandingkan dengan UGM, pengunjung perpustakaan Unsyiah lebih banyak tapi peminjam kita lebih sedikit. Di UGM itu jumlah buku yang boleh dipinjam sepuluh buku dalam sekali peminjaman baik untuk mahasiswa D3, S1, S2, maupun S3. Selama ini usaha kita menambah jumlah buku dan diperbolehkan meminjam lima buku yang mana kebijakan itu sudah lama dan sekarang ini mau kita ubah menjadi tujuh buku, boleh dipinjam kapan saja tanpa dibedakan siang atau malam,”terangnya.

Peminjaman diwaktu malam hari pada awalnya merupakan usaha agar mahasiswa ingin mengunjungi perpustakaan dimalam hari.

“Dulu kami melakukan itu dalam upaya melancarkan marketing dengan harapan mahasiswa mau datang ke perpustakaan di malam hari. Tapi, sekarang kami melihat ternyata mahasiswa sudah memiliki keinginan sendiri dan merupakan kebutuhan mereka sendiri untuk datang ke perpustakaan pada malam hari.” Jelasnya lagi.

Penambahan jumlah peminjaman buku tersebut dilakukan setelah melakukan peninjauan survei terhadap mahasiswa yang berkunjung.

“Disamping itu kami juga melakukan survei dari beberapa orang yang kami wawancara seringkali mereka membutuhkan buku yang lebih banyak. Jadi penambahan jumlah peminjaman buku ini merupakan hasil management review pada hari Rabu, 29 maret 2017 yang wajib dilakukan oleh lembaga yang sudah tersertifikasi ISO (International Organization for Standarditation)  untuk meningkatkan fasilitasnya, seperti perpustakaan Unsyiah ini,” tuturnya pula.[]

Editor: Mutia Dara Authari