Beranda Headline Subhan Hadi Kusuma Wakili Aceh ke OSN Tingkat Nasional

Subhan Hadi Kusuma Wakili Aceh ke OSN Tingkat Nasional

BERBAGI

Putri Nurul Ulfa [AM] | DETaK

(foto: istimewa)
(foto: istimewa)

Darussalam – Subhan Hadi Kusuma bakal mewakili Aceh Ke Tingkat Nasional pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 9 Desember mendatang. Ia berhasil menyisihkan 265 peserta OSN Pertamina lainnya dari empat bidang teori, yang diselenggarakan pekan lalu (27/11/2013), di Aula FMIPA Unsyiah.

Panitia penyelenggara OSN Pertamina telah menetapkan para pemenang tahap seleksi tingkat provinsi dua hari yang lalu. Pengumuman tersebut diunggah melalui  Website mereka, mulai dari peringkat satu sampai tiga untuk kategori teori.

Pembantu Dekan III FMIPA Unsyiah, Dalil Sutekad, M.Si saat ditemui detak-unsyiah.com, Selasa (3/11/13), membenarkan jika hanya Subhan Hadi Kusuma,  mahasiswa Fakulas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Biologi yang  menang sebagai juara lintas bidang wakil provinsi.

“Untuk tahun ini kita hanya mampu mengirimkan satu pemenang yang akan kita berangkatkan ke tingkat nasional. Seharusnya Unsyiah bisa saja mengirim lebih dari satu orang, namun mekanismenya sudah berbeda,” ujarnya.

Pada OSN 2013 ini, pihak penyelenggara melakukan beberapa perubahan dalam memilih pemenang yang akan diberangkatkan ke tingkat nasional. Jika sebelumnya di babak penyisihan akan diambil 9 orang pemenang berdasarkan bidang masing-masing. Selanjutnya bidang-bidang tersebut  akan mempresentasi makalah untuk memperebutkan  satu tiket ke tingkat nasional.

Namun, pelaksanaanya sudah  dipersingkatkan lagi menjadi satu tahap saja melalui babak penyisihan di provinsi dan hanya diambil yang terbaik dari keempat bidang teori, yakni Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Ditingkat regional I, yakni Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Riau, dan Aceh akan diambil lagi satu yang terbaik dari empat bidang teori. Sehingga yang ikut ke tinggkat nasional itu merupakan pemenang ditingkat provinsi dan pemenang tingkat regional.

“Setiap provinsi hanya dapat mengirimkan satu peserta dengan nilai terbaik,” jelas Dalil.

Untuk kategori Proyek Sains dan Poster Terfavorit Proyek Sains tidak berhasil lolos ke tingkat nasional.  “Saya berharap delegasi kita nantinya bisa mempertahankan tradisi yang setiap tahunnya meraih juara di OSN,” papar Dalil.[]

Comments

comments