Beranda Headline Singkong Day, Memanfaatkan Swasembada Pangan Indonesia

Singkong Day, Memanfaatkan Swasembada Pangan Indonesia

BERBAGI
Pengunjung saat mencicipi olahan singkong di Blang Padang Banda Aceh. (Muhammad Chalid Isra/DETaK)

Cut Meliana [AM]|DETaK

Banda Aceh – Dalam memperingati agenda singkong day sedunia Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) membagikan produk pangan dari olahan singkong secara gratis di lapangan Blang Padang Minggu, 11 Oktober 2015.

Ketua panitia Masrura Hayati, mengatakan acara tersebut bertujuan untuk memanfaatkan swasembada pangan Indonesia. “Untuk memanfaatkan swasembada pangan Indonesia, agar kita memanfaatkan pangan lokal,” katanya kepada detak-unsyiah.com.

Dia juga menjelaskan bahwa kegiatan singkong day merupakan acara tahunan yang diadakan setiap tahun. Selain itu singkong juga memiliki manfaat yaitu dengan karbohidrat yang cukup kompleks, protein dan lemak.

”Singkong memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks, protein,dan lemak jadi akan sangat bermanfaat untuk dikonsumsi,” lanjutnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (HIMATEKH) berharap agar singkong day selalu dimeriahkan setiap tahun. ”Singkong day selalu dimeriahkan, agar masyarakat tidak ketergantungan terhadap bahan pokok saja seperti beras, sehingga kita dapat mengurangi impor beras ke Indonesia,” jelas Muhammad Faiz, ketua HIMATEKH.

Pantauan detak-unsyiah.com di lokasi, para pengunjung cukup ramai untuk mencicipi makanan olahan singkong yang terbilang tak biasa tersebut.

“Singkong yang disajikan ini berbeda jadi dengan ada acara seperti ini kita bisa mencicipinya langsung,” kata Indira Maharani, salah satu pengunjung.[]

Editor: Riska Iwantoni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here