Beranda Headline Sensasi Liburan ala Himafis: Susuri Tantangan untuk Gagasan

Sensasi Liburan ala Himafis: Susuri Tantangan untuk Gagasan

BERBAGI
(Dok. Pribadi)

Ferdinal Sukma Nur [AM] | DETaK

Aceh Besar- Sebanyak 26 orang mahasiswa fisika yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafis) Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melakukan Field Trip 2018 ke Gunung Seulawah Agam, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, Minggu, 13 Mei 2018.

Sensasi liburan ala Himafis ini menjadi tantangan dan pembelajaran bagi peserta dan diharapkan mampu memunculkan gagasan baru yang nantinya layak diikutkan dalam Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan lain-lain.

“Salah satu gagasan yang muncul adalah penggunaan tanah yang mengandung sulfur atau abu gunung api untuk dijadikan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan beton yang nantinya dapat digunakan untuk badan jalan,” ujar Suhrawadi Ilyas, selaku Dosen Pembimbing yang turut serta melakukan perjalanan ke Gunung Seulawah Agam.

Kegiatan yang ditujukan untuk mengetahui  apa yang terjadi di lingkungan sekitar serta pengarahan tentang apa yang terjadi di alam ini, merupakan bagian dari program kerja hubungan masyarakat (Humas) Himafis dan membawa tema “Mengetahui Tanda-Tanda Perubahan Ekosistem Seulawah”.

Sebelum melakukan fieldtrip, dilakukan persiapan yang cukup matang, agar tidak menjadi penghambat bagi yang lain jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat melakukan perjalanan, jelas Ilyas. []

Editor: Novita Sary Saputri