Beranda Headline Sempat Geger, Unsyiah Pertegas Perpanjangan SPP Khusus Bidikmisi Saja

Sempat Geger, Unsyiah Pertegas Perpanjangan SPP Khusus Bidikmisi Saja

BERBAGI
(Ist.)

Maisyarah Rita | DETaK

Darussalam-Sempat digegerkan dengan sejumlah permintaan perpanjangan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) ke pihak biro Kemahasiswaan Unversitas Syiah Kuala (Unsyiah) oleh mahasiswa lama, Unsyiah menegaskan bahwasanya perpanjangan SPP  diperuntukkan bagi mahasiswa lama penerima beasiswa jalur Bidikmisi saja. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Alfiansyah Yuliannur kepada Tim DETaK Unsyiah saat ditemui di kantornya pada Selasa, 7 Agustus 2018.

Pemilihan jalur perpanjangan SPP yang hanya dikhususkan bagi mahasiswa lama penerima beasiswa Bidikmisi diungkapkan oleh Alfian, dikarenakan oleh visi pengadaan Bidikmisi yang sesuai dengan visi yang digaungkan oleh Rektor Unsyiah.

“Beasiswa Bidikmisi itu dari negara ditanggung selama 8 semester. Rektor Unsyiah punya kebijakan, ini jika anak Bidikmisi lama dihentikan, maka banyak yang putus kuliah. Kita juga kembali ke niat awal pengadaan beasiswa nasional Bidikmisi itu untuk memustuskan mata rantai kemiskinan, anak pintar yang kurang mampu dari segi finansial harus diselamatkan oleh negara, begitu juga Unsyiah,” ungkap Alfian.

Meskipun demikian, tidak semua mahasiswa lama Bidikmisi Unsyiah dapat menerima beasiswa perpanjangan SPP, karena tidak memenuhi kualifikasi.

“Syaratnya hanya IPK diatas 3, dengan harapan besar bisa memacu semangat mahasiswa untuk benar-benar rajin juga berprestasi,” jelasnya.

Alfian juga menghimbau bagi mahasiswa lama penerima beasiswa Bidikmisi yang tidak telampir dalam daftar penerima beasiswa perpanjangan SPP Bidikmisi Unsyiah, diharapkan untuk segera melapor ke Biro Kemahasiswaan Unsyiah. Lampiran dafatar mahasiswa lama penerima beasiswa perpanjangan SPP Bidikmisi Unyiah dapat diakses melalu link http://kemahasiswaan.unsyiah.ac.id/pengumuman/pengumuman-bebas-ukt-bagi-bidikmisi

“Jika ada IPKnya 3 keatas, silakan melapor. Terkait IP semester terakhir terhitung 0, seharusnya memang tidak bisa karena anak Bidikmisi tidak boleh dengan perolehan IP 0, terhitung malas-malasan, tapi setelah diverifikasi rupanya mahasiswa ini sedang Skripsi tugas akhir, makanya belum ada nilai karena belum selesai, ya silakan saja melapor,” tutup Alfian.  []

Editor: Fazrina Nabillah