Beranda Headline Sandang Akreditasi A, Ini Komentar Mahasiswa

Sandang Akreditasi A, Ini Komentar Mahasiswa

BERBAGI

Murti Ali Lingga | DETaK

11831775_992491384117473_4455535827785546595_n
(Hasil jajak pendapat tim Riset dan Data UKM Pers DETaK, terkait akreditasi  Unsyiah pada 30 Mei 2015, dalam riset tersebut 58% responden yakin dan percaya Unsyiah dapat meraih akreditasi A)

Pidie – Kebarhasilan Unsyiah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), membuat banyak mahasiswa Unsyiah senang, tak terkecuali mahasiswa Unsyiah yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN). (baca: Unsyiah Resmi Sandang Akreditasi A)

Adalah Salaiman Mahasiswa FKIP Geografi Unsyiah yang sedang menjalani KKN di Pidie ini mengaku senang ketika mendapat kabar bahwa Akreditasi Unsyiah sudah jadi A. “Saya sangat senang dengan kabar ini. Akhirnya Unsyiah mendapatkan Akreditasi terbaik,” ucapnya kepada detak-unsyiah.com di Pidie, Kamis, 6 Agustus 2015.

Ia berharap, status akreditasi Unsyiah ini juga telihat nyata pada mutu dan fasilitas yang ada, ia mengatakan bahwa Unsyiah jangan hanya punya big name namun namun juga harus memiliki kualitas yang bermutu. Menurut Sulaiman Prestasi ini merupakan pamor Unsyiah di tingkat nasional dan akan mendapat perhatian khusus dari khalayak nasional.
“Di kancah nasional, Unsyiah akan diperhitungkan. Pasti banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Unsyiah,” lanjutnya.
Sulaiman mengatakan, akreditasi ini akan memberikan perubahan yang signifikan bagi Unsyiah. Calon mahasiswa yang mendaftar nantinya akan menigkat. Ia mencontohkan salah satu universitas di Medan, yakni Universitas Sumatera Utara (USU). Di sana, angka pendaftar yang ingin melanjutkan studi di USU sangat tinggi. Calon mahasiswa bukan hanya dari Medan, akan tetapi dari semua penjuru Indonesia.
“Saya rasa Unsyiah akan demikian. Pasti makin banyak calon mahasiswa yang mendaftar nantinya. Bahkan, bisa jadi persaingan masuk ke Unsyiah kian sengit dan sulit,” lanjutnya.
Hal serupa juga diungkapkan Rahmat Hidayat Munandar, ihwal Akreditasi Unsyiah tersebut. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Politik FISIP ini merasa senang dengan prestasi yang dicapai Unsyiah.

good
(Mahasiswa melewati poster ucapan selamat kepada Unsyiah yang telah terakreditasi A di dekat gerbang Kopelma Darussalam Foto:M. Fajarli Iqbal/DETaK)

“Alhamdulillah senang atas akreditasi  ini, tetapi ini bukanlah akhir atas perbaikan di segala bidang di Unsyiah. Ini memang berita baik buat mahasiswa setelah lulus nanti terutama dalam mencari kerja. Namun, pihak rektorat harus terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan lulusan yang terjun ke masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan jangan sampai kualitas lulusan Unsyiah berbanding terbalik dengan akreditasi baru ini.

“Rektorat harus terus mempercepat perbaikan infrastruktur di segala bidang, guna menunjang kualitas lulusan. Agar lulusan nantinya benar benar berkualitas dan selaras dengan kualitas yang dimiliki Unysiah. Infrastruktur fisik juga harus digenjot, seperti jalan kampus yang masih ada yang rusak,” harap laki-laki yang berasal dari Aceh Singkil ini.

Ia juga menuturkan, ini merupakan langkah yang baik untuk terus membenahi Unsyiah untuk dapat terus bersaing dengan kampus terbaik lainnya lainnya dalam segala bidang.
“Selamat dan terima kasih atas perjuangan dan kontribusi semua pihak yang telah berjuang untuk terus meningkatkan akreditasi kampus jantong hatee ini, teruslah berbenah karena akreditasi hanya di atas kertas, tetapi kualitas lulusan serta para dosen dan yang lain merupakan ujung tombak untuk berkontribusi pada pembangunan Aceh ini,” pungkasnya.[]

Editor: M. Fajarli Iqbal

Comments

comments