Beranda Headline Sambangi UNAIR dan UBAYA, Perpustakaan Unsyiah Kenalkan Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa

Sambangi UNAIR dan UBAYA, Perpustakaan Unsyiah Kenalkan Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa

BERBAGI
Gedung UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. (Riska Iwantoni/DETaK)
loading...

Siaran Pers | DETaK

Banda Aceh – Kepala Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Taufiq Abdul Gani bersama staf IT Arif Hidayat berkunjung ke Perpustakaan mitra, yaitu Perpustakaan Universitas Airlangga (UNAIR) dan Universitas Surabaya (UBAYA) pada tanggal 9 November 2015.

Tujuan yang ingin dicapai adalah mengenalkan karya tulis online hasil penelitian Dosen dan Mahasiswa Unsyiah kepada Pustakawan dan Pengunjung di kedua Perpustakaan tersebut. Karya tulis tersebut adalah Skrispi/Thesis/Disertasi dan Artikel Jurnal yang dihasilkan atau diterbitkan di Unsyiah.

Pengenalan ini dilangsungkan pagi hari dengan presentasi kedua belah pihak. Pengenalan di UBAYA disambut oleh Direktur Perpustakaan Elieser Tarigan. Sedangkan di siang hari dilanjutkan di UNAIR oleh Kepala Perpustakaan UNAIR I Made. Masing-masing didampingi para staf Pustakawan.

Dalam presentasi di masing-masing tempat Taufiq Abdul Gani menjelaskan saat ini Perpustakaan Unsyiah membuka akses online terhadap koleksi Skripsi/TA/Thesis/Disertasi dengan alamat http://etd.unsyiah.ac.id. Penggunanya tidak terbatas dari kalangan Unsyiah saja, melainkan terbuka untuk masyarakat umum baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Koleksi tersebut hanya dapat dibaca online secara fulltext, dari halaman cover, Bab 1 sampai Bab terakhir meliputi Kesimpulan, Daftar Pustaka dan Lampirannya. Untuk pengamanan sistem, koleksi ETD unsyiah tidak dapat di-download, copy-paste dan cetak. Bagi yang berminat untuk mendapatkan bahan tercetak dari koleksi yang diinginkan, Taufig menjelaskan dapat mengisi formulir online di masing-masing halaman koleksi atau dapat juga langsung ke laman http://uilis.unsyiah.ac.id/lss.

Arif Hidayat, staf IT Perpustakaan Unsyiah secara lebih teknis menjelaskan bagaimana saat ini situs http://etd.unsyiah.ac.id sudah terdaftar di Google Search Engine, Google Scholar, OCLC WorldCat dan OpenDoar.

Google Search Engine adalah mesin pencari paling populer didunia saat ini, sedangkan Google Scholar adalah produk Google yang dikhususkan untuk koleksi literature akademik. Adapaun OCLC WorldCat adalah katalog internasional yang menghimpun semua koleksi perpustakaan ternama seluruh dunia. Sedangkan OpenDoar adalah sebuah Direktor dari Koleksi Open Access dari berbagai institusi diseluruh manca negara. Semua ini dilakukan sebagai kontribusi hasil karya intelektual untuk menaikkan presence dan visibility Unsyiah ke masyarakat global.

Sementara itu, Amirul Ulum dan Novita Dewi, masing-masing sebagai staf pelayanan di Perpustakaan UBAYA dan UNAIR mengapresiasi pengenalan pelayanan yang diberikan oleh Perpustakaan Unsyiah. Mereka akan menginformasikan kembali pelayanan tersebut kepada civitas akademika di masing-masing perpustakaan yang mereka kelola.

Selanjutnya mereka juga menjelaskan cara pengaksesan terhadap koleksi yang yang dimiliki, sehingga pertukaran informasi dan pengalaman ini dapat berguna juga bagi Perpustakaan Unsyiah dalam menyediakan dan menginformasikan kembali bahan literatur bagi dosen dan mahasiswa Unsyiah.[]

Editor: Riska Iwantoni